Tutorial Lengkap Cara Memindahkan WordPress Ke Hosting Lain

  • Whatsapp
Tutorial Lengkap Cara Memindahkan Wordpress Ke Hosting Lain

Tutorial Lengkap Cara Memindahkan WordPress Ke Hosting LainMemindahkan wordpress ke hosting baru bisa menjadi suatu pertimbangan yang berat dan bagi yang belum tau bagaimana migrasi wordpress ke hosting baru/lain itu akan menjadi suatu pekerjaan yang membingungkan. Akan tetapi disini saya akan memudahkan anda agar anda lebih paham bagaimana memindahkan wordpress ke hosting lain, karena saya akan berikan tutorial lengkap migrasi wordpress ke hosting baru.

Ternyata banyak kasus pemilik website yang ingin memindahkan hosting nya karena ada masalah di hosting sebelumnya, ada juga karena hal lain yang membuat si pemilik website ingin memindahkan hosting nya ke hosting lain. tips dan saran saya sebelum anda membeli layanan hosting, ada baiknya kita cek terlebih dahulu kredibilitas dari layanan hosting nya terlebih dahulu agar ke depan nya anda benar-benar yakin akan menggunakan layanan hosting tersebut. untuk itu saya sarankan anda membaca artikel berikut ini : Top 17+ Layanan Hosting Terbaik di indonesia dengan kecepatan powerfull

Bacaan Lainnya

Namun jika saat ini anda sedang mencari tutorial cara memindahkan hosting, tetapi anda masih belum paham, saya sarankan anda sewa jasa seseorang yang ahli dalam bidang jasa migrasi hosting ini. anda pun bisa melakukan layanan di hosting baru, kadang mereka pun menyediakan layanan migrasi hosting.

Ayo kita mulai saja memindahkan wordpress anda ke hosting anda yang baru. Jika anda baru saja membeli layanan hosting, sebaiknya anda langsung tanyakan ke bagian contact support mereka, apakah mereka menyediakan migrasi hosting gratis atau kah tidak. Jika mereka menyediakan, saya sarankan anda lebih baik menggunakan keahlian mereka daripada harus pusing sendiri ya. Namun jika anda ingin belajar bagaimana migrasi hosting lama ke hosting baru, maka anda langung ikuti artikel kali ini untuk panduan lengkap migrasi hosting kali ini.

Langkah Memindahkan WordPress Ke hosting baru

  1. Backup File Situs WordPress anda

Langkah awal adalah anda harus memindahkan seluruh file yang ada di hosting anda. lokasi nya ada di bagian file manager hosting lalu arahkan ke web yang akan kalian pindahkan. karena seluruh file yang ada di web anda akan di backup, pastikan anda teliti agar semua file nya bisa terpindah semua nya.

Terdapat banyak plugin yang dapat Kamu pakai buat membackup web Kamu. Tetapi backup disini, memerlukan metode backup manual. Kamu dapat memakai program FTP client( semacam Transmit, Filezilla), sambungkan aplikasi FTP yang telah Kamu instal pada pc Kamu, setelah itu sambungkan ke hosting website Kamu serta salin seluruh file di dasar direktori web website Kamu ke folder di pc lokal Kamu.

Ini tercantum file. htaccess yang umumnya diatur buat dirahasiakan. Kamu dapat memakai menimbulkan file tersebut dengan dorongan program FTP Kamu bila Kamu tidak bisa memandang file. htaccess ini.

Proses backup ini dapat saja memakan waktu yang lama ataupun bisa jadi dapat sangat kilat, perihal ini tergantung pada jumlah media foto ataupun media lain yang Kamu miliki di web website Kamu. Sembari menunggu proses unduh file web WordPress Kamu yang dikala ini lagi berlangsung, Kamu bisa mengawali langkah kedua serta membuat kopian database Kamu.

2. Export DataBase

Mengekspor database Kamu merupakan proses simpel yang cuma memerlukan sebagian langkah buat dituntaskan. Login ke account cPanel dari server website Kamu serta buka aplikasi phpMyAdmin. Seleksi database yang berisi instalasi WordPress Kamu dari catatan di bilah sisi sebelah kiri serta sehabis diseleksi klik pada tab Export di menu navigasi.

Pengaturan default“ Quick export” serta format SQL buat ekspor telah lumayan serta tidak butuh Kamu ganti. Klik tombol“ Go” serta proses ekspor database hendak diawali serta suatu file hendak diunduh ke pc lokal Kamu.

Sehabis ekspor database serta transfer FTP file Kamu berakhir, Kamu siap buat pindah ke sesi selanjutnya.

3: MemBuat database WordPress di Server Hosting Baru

Saat sebelum Kamu bisa mengawali migrasi ke website hosting baru, Kamu butuh membuat area buat instalasi WordPress. Buat melaksanakan ini, Kamu wajib membuat database baru buat mengimpor database SQL Kamu.

Masuk ke website hosting baru Kamu dengan account login pengguna yang sudah mereka bagikan kepada Kamu serta masuk ke cPanel Kamu. Buat panduan ini, aku hendak memakai aplikasi MySQL Databases. Bila website hosting Kamu tidak melaksanakan aplikasi ini hingga Kamu wajib menghubungi regu sokongan mereka buat menciptakan tata cara mereka dalam membuat database baru. Bila menunjang hingga Kamu beruntung serta dapat melanjutkan memakai tata cara dibawah ini.

Langkah- langkah buat membuat database lumayan simpel:

Buka MySQL Database serta buat database baru dengan nama yang cocok buat web website Kamu.

Buat pengguna MySQL baru( dengan kata sandi nyaman).

Tambahkan account pengguna ini ke database baru serta bagikan Seluruh Hak Istimewa( All Privileges).

Tuliskan nama database, nama pengguna MySQL baru serta kata sandinya. Kamu hendak membutuhkannya lekas.

Langkah 4: Edit File wp- config. php

Buka serta cari folder di pc lokal tempat Kamu mengunduh file web website WordPress Kamu. Di folder itu terdapat file bernama wp- config. php yang mengendalikan akses antara WordPress serta database Kamu.

Buat kopian file ini serta simpan di folder lain di pc lokal Kamu. Ini dibutuhkan bagaikan cadangan bila nanti terjalin kesalahan.

Buka tipe asli file dengan editor bacaan kesukaan Kamu serta buat 3 pergantian berikut:

  1. Ganti Nama database

Temukan baris berikut:

define( DB_NAME, db_name);

Bagian db_name dari baris ini dikala ini di konfigurasi dengan nama database MySQL host website lama Kamu. Ini wajib diganti ke nama database baru yang baru saja Kamu buat.

  1. Ganti Nama Pengguna database

Di dasar ini Kamu hendak menciptakan baris:

define( DB_USER, db_user);

Pada baris ini Kamu butuh mengganti bagian db_user dari nama pengguna hosting lama Kamu buat mencocokkan dengan nama pengguna baru yang baru saja Kamu buat.

  1. Ganti Kata Sandi Pengguna database

Terakhir, edit baris ketiga:

define( DB_PASSWORD, db_pass);

Semacam yang yang lain, bagian db_pass pada baris ini wajib diganti dengan kata sandi nyaman baru yang Kamu buat buat pengguna MySQL Kamu.

Simpan wp- config. php serta tutup file.

5: Impor Database

Saat ini sehabis Kamu mempunyai database baru yang Kamu siapkan di hosting baru. Kamu bisa mengawali proses import.

Buka aplikasi phpMyAdmin di cPanel server baru Kamu serta seleksi database baru Kamu dari catatan di bilah sisi sebelah kiri. Sehabis terbuka seleksi menu tab“ Import” dari menu navigasi.

Di bagian File buat Diimpor, klik tombol“ Choose File” serta seleksi file SQL yang Kamu ekspor tadinya di pc lokal Kamu.

Hapus centang pada kotak“ Partial Import”, yakinkan formatnya diatur ke SQL serta setelah itu klik tombol Go. Import database saat ini hendak diawali.

Waktu pengimporan ini bermacam- macam bergantung pada seberapa besar dimensi database Kamu. Bila Kamu telah menerima pesan yang memberitahu Kamu tentang keberhasilan import sudah berakhir. Hingga proses tersebut telah sukses.

Langkah 6: Unggah File WordPress ke Hosting Baru Anda

Saat ini sehabis Kamu mempersiapkan database baru serta sudah mengkonfigurasi ulang file wp- config. php, saat ini saatnya buat mulai mengunggah ataupun upload file web website WordPress Kamu.

Hubungkan aplikasi FTP ke website hosting baru Kamu serta browse ke folder yang hendak digunakan bagaikan tempat seluruh folder serta file WordPress Kamu. Bila ini merupakan salah satunya web website yang hendak Kamu upload dalam hosting baru Kamu, hingga upload file ke folder public_html, ini merupakan folder yang universal digunakan.

Tunggu proses upload file WordPress Kamu hingga berakhir, ini pula hendak memakan waktu yang kurang lebih sama dengan kala proses donwload.

Sehabis proses upload berakhir, jangan hapus file ini dari pc lokal Kamu. Mereka masih diperlukan hingga langkah- langkah terakhir sudah berakhir serta web website Kamu betul- betul bisa di akses dengan sempurna. Jika dapat, Kamu senantiasa menaruh itu bagaikan file backup buat jangka panjang.

Baca: Metode Migrasi Dari WordPress. com Ke WordPress( Self- host)

Langkah 7: Memastikan Domain Baru& Cari/ Ubah Domain Lama

Bila Kamu pula pindah ke domain baru/ berbeda hingga Kamu wajib membaca langkah ini, bila tidak, hingga Kamu bisa melewati langkah ini sebab Kamu tidak butuh memperbarui web Kamu buat menunjuk ke domain yang berbeda.

Satu permasalahan yang tampaknya senantiasa dirasakan mayoritas orang kala memindahkan web mereka merupakan kalau mereka sudah meningkatkan tautan ke artikel lain di web mereka ataupun menyisipkan foto secara langsung dengan menunjuk ke URL di server, serta ini menimbulkan permasalahan kala dipindahkan ke domain baru. Bila Kamu mau dengan kilat serta gampang mencari contoh dari nama domain lama Kamu serta ubah dengan nama baru, aku sarankan Kamu memakai plugin“ Better Search& Replace”. Ini hendak membolehkan Kamu melaksanakan pergantian URL ke domain baru dalam artikel serta seluruhnya dengan sangat gampang.

Mengganti URL Web: Dengan melaksanakan pencarian serta mengubah buat domain lama serta mengubah dengan domain baru Kamu pula hendak mengganti nilai site_url serta URL home dalam database( Mengganti URL Web) yang hendak membenarkan kalau kala Kamu berupaya masuk ke web Kamu di domain baru itu tidak berupaya serta memusatkan Kamu ke domain lama.

8: Langkah Terakhir

Langkah terkahir dari metode migrasi WordPress ke hosting baru ini sesungguhnya mencakup 2 perihal yang terpisah.

Saat sebelum Kamu bisa memakai web website di hosting baru Kamu, Kamu butuh mengkonfigurasi ulang pengaturan DNS domain Kamu. Domain tersebut diatur serta menunjuk ke hosting lama Kamu serta Kamu wajib memusatkan DNS domain tersebut ke alamat IP server baru.

Proses ini hendak bergantung pada tempat Kamu mendaftarkan domain Kamu. Perinci buat menuntaskan proses ini sangat bermacam- macam buat dibahas dalam posting ini, namun tempat Kamu catatan domain Kamu wajib mempunyai seluruh perinci yang Kamu butuhkan buat melaksanakan pergantian ini.

Pergantian DNS umumnya memakan waktu sampai 48 jam buat seluruhnya betul- betul menuju ke hosting baru Kamu. Hendaknya kala melaksanakan proses ini merupakan kala web Kamu umumnya memperoleh tingkatan kemudian lintas yang rendah, jam 10 malam ataupun diatas jam 12 malam.

Serta sepanjang sela waktu 48 jam ini, hendaknya Kamu tidak melaksanakan pergantian apa juga ke web website Kamu sebab terdapat mungkin Kamu melaksanakan pergantian di tipe lama dari web website Kamu.

Sehabis periode 48 jam berakhir, saat ini Kamu wajib mengakses website hosting baru dikala mendatangi web website Kamu. Pada titik ini Kamu bisa tersambung ke website hosting lama buat menghapus file serta database Kamu.

Serta butuh di ingat, Kamu masih wajib mempunyai kopian backup lokal dari file- file web WordPress Kamu berikut pula database Kamu, serta pula file wp- config. php asli Kamu. Semacam yang telah aku ingatkan diatas, kalau Kamu hendaknya menaruh file- file ini buat jangka waktu yang lama supaya nyaman.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *