Tutorial: Cara Mengubah Fonts di WordPress Dengan Plugin GFT

  • Whatsapp

Membuat tampilan wordpress lebih menarik salah satunya dengan mengganti font. mengubah fonts di wodpress juga akan lebih memperindah desain dari blog/website kamu. selain untuk memperlengkap desain pada wordpressmu, mengganti fonts pada website juga akan memudahkan pembaca blog agar lebih nyaman ketika membaca artikel pada blog kamu.

Di tutorial kali ini saya akan menggunakan google fonts typography sebagai media untuk mengubah fonts pada blog wordpress saya. Typography sendiri sangat berguna untuk mempercantik tampilan website wodrdpress karena berperan sangat penting dan bisa dikatakan tidak akan pernah bisa dipisahkan dalam desain sebuah website.

Dengan memilih fonts yang tepat, bisa membuat pengunjung blog mu betah berada berlama-lama untuk membaca artikel rekomendasi lainnya. Sangat berpengaruh bukan ?. Sebetulnya ada banyak jenis fonts yang bisa kamu gunakan untuk mengubah tampilan dari web wordpress untuk kamu pilih sendiri jenis nya.

Google telah menyediakan banyak fonts gratis yang bisa kamu gunakan untuk mengubah tampilan pada website. Kalo gak salah ada sekitar 900an fonts google telah menyediakannya gratis untuk kamu. Untuk pengguna wordpress kini dimanjakan dengan plugin untuk mengubah fonts ini. saya kasih nama plugin GFT. Itu singkatan aja gan GFT Itu artinya Google Fonts Typografhy. Dan kamu bisa menggunakan plugin ini sebagai media untuk mengubah tulisan di wordpress milikmu.

Pengertian dari PLUGIN Fonts GFT (Google Fonts Typography)

Plugin GFT Atau Google Fonts Typography merupakan sebuah plugin yang akan mempermudah kamu untuk mengganti fonts di situs website milik WordPress kamu. Plugin dari GFT ini Rupanya sudah lebih dari 100 ribu pengguna aktif dan canggihnya si plugin GFT ini terhubung langsung dengan Google Fonts Library yang berisikan 900 font lebih yang unik dan tentunya gratis untuk kamu gunakan.

Dengan menggunakan Plugin GFT Ini, kamu tidak perlu install fonts secara manual dan lalu kamu isikan kode ke template wordpress kamu. Kamu hanya tinggal klik sana klik sini dan akan sangat mudah penggunaan dari plugin ini. Dan tentunya plugin GFT Ini dilengkapi dengan banyak jenis fonts yang sudah bisa terhubung ke google fonts sehingga kamu bisa bebasa menggunakan jenis fonts gratis untuk mengubah tampilan wordpressmu lebih menarik dan terlihat profesional.

Cara Instal Plug In GFT/ Google Fonts Typografhy

1.Pergi ke menu plug-in di halam admin wordpress mu. Lalu klik addnew

2. Ketikan Pada Bar pencarian plugin Google Fonts Typografhy

3. Setelah itu kamu langsung instal Google Fonts Typography lalu aktivkan plug in, lalu pergi ke bagian setting dari plugin GFT ini.

4. Kamu akan langsung di arahkan ke bagian customize dari plug in GFT, Dan secara otomatis plug in ini ada di bagian costumize di wordpressmu

5. Kemudian akan di arahkan ke bagian menu pengaturan dari plugin google fonts typografhy tersebut. setingan nya kurang lebih sebagai berikut:

Basic Setting

Untuk mengatur bagian dasar dari keseluruhan fonts yang ada di website/wordpress

Advanced Setting

Untuk mengatur dan mengubah fonts di bagian branding, navigasi, content, sidebar, footer dan lead fonts only

Fonts loading

Untuk mengubah loading pada fonts di wordpress. pada bagian pengaturan ini berbayar.

Debugging

Pada bagian ini kamu bisa mengubah fonts ke asal, atau reset pengaturan fonts kamu ke awal.

PLUG-IN GFT PREMIUM

Plugin GFT (Google Fonts Typography) ini bisa kamu gunakan secara gratis . Akan tetapi jika kamu ingin fitur dan fungsi lebih optimal, kamu juga bisa membeli plugin dengan versi yang premiumnya dengan harga yang cukup terjangkau. Plugin GFT ini memiliki 3 fitur premium berikut ini :

Nah teman-teman, demikian tutorial cara mengubah fonts di wodpress dengan plugin GFT ( google Fonts Typography) Jika dirasa bermanfaat dengan postingan saya kali ini dan jika kamu suka dengan plugin GFT ini jangan lupa untuk bagikan artikel ini dan jika ada yang ditanyakan silahkan berkomentar ya .. sampai jumpa di artikel berikutnya .

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *