Cara Mengatur Konfigurasi Menu Setting WordPress

  • Whatsapp

Hallo kita jumpa lagi di artikel tutorial wordpress, kita akan jabarkan secara lengkap tentang tatacara untuk Mengatur konfigurasi setting di WordPress lengkap kusus nya di menu “Settings”. pembahasan kali ini bukan untuk wordpres gratis yang ada di wordpress.com yah. Tapi untuk kamu yang menggunakan Shared hosting atau hosting berbayar.

Jika kamu membaca artikel saya tentang cara membuat blog di wordpress lengkap, maka artikel ini adalah lanjutannya. Karena saya akan jelaskan secara rinci tentang tutorial wordpress lengkap dari mulai menu post sampai ke menu setting. saya anggap kamu sudah menginstall wordpress sebelumnya, WordPress akan membawa beberapa ke pengaturan yang penting untuk kamu setiing dengan benar agar situs WordPress kamu berfungsi dengan baik di internet. Jika kita lihat, secara default pada menu setting di wordpress terdapat 5 submenu yang mengarahkan pengguna untuk mengatur konfigurasi pada wordpress, yaitu :

Read More

  • General
  • Writing
  • Reading
  • Discussion
  • Media
  • Permalinks

Kelima submenu setting di atas, kita akan bahas di artikel ini secara detail. jika pertama kali kamu menginstall wordpress hanya ada 5 kategori submenu setting. Kecuali jika kamu sudah menginstal plugin tambahan akan menambah submenu lain di menu setting. Langsung aja kita akan bahas penjelasan lengkap untuk mengatur konfigurasi WordPress.

1. SUBMENU GENERAL SETTING

Submenu yang pertama adalah general setting. Untuk mengunjunginya silahkan kamu klik pada bagian setting >> General. Lalu kamu perhatikan pada menu site tittle dan Tagline. pada bagian site tittle isilah nama website kamu ( Saya menyarankan memberikan tittle yang sesuai dengan nama domain) lalu untuk tagline isilah dengan topik yang akan dibahas di blog kamu nantinya. bagian site tittle dan tageline ini akan ditampilkan pada hasil pencarian dan bar situs ketika pengguna blog kamu akan mengunjungi di pencarian google search.

Cara Mengatur Konfigurasi Settingan WordPress

Selanjutnya adalah pada bagian worpress adress/ site adress. bagian ini bisa kamu rubah dengan menggunakan www atau tanpa menggunakan www. ini sesuai selera kamu, karena sebetulnya pada bagian ini sudah di konfigurasi otomatis ketika kamu pertama kali akan mengintall wordpress.

Kita lanjut pada bagian administration email adress. Pada bagian ini kamu isi dengan alamat email yang akan di atur untuk menerima aktivitas dari situs wordpress kamu. aktivitas berupa komentar, update baru, user baru dll.

Kemudian pada menu membership. Jika kamu ingin mengaktivkan fitur ini sebetulnya cukup baik juga untuk situs. karena kamu akan menjalankan fitur keanggotaan. Peran pengguna baru secara default diatur sebagai subscriber/ pengikut pada anggota baru di situs kamu.

pada bagian Timezone kamu setting sesuai dengan zona waktu dimana kamu berada. menu timezone juga memungkinkan kamu untuk mengatur waktu situs sesuai dengan yang diinginkan. untuk saran aja, berikan format default nya aja dari wordpress, karena ini akan berpengaruh pada setiap post di wordpress.

2. SUBMENU WRITING SETTING

Submenu yang kedua ini adalah writing setting. Kamu bisa kunjungi dengan klik pada bagian Setting>>Writting. Bagian submenu ini mengacu pada settingan untuk postingan/ konten artikel yang akan kamu buat nantinya.

Cara Mengatur Konfigurasi Settingan WordPress

Pada bagian “Default Post Category dan Post Formating” di submenu ini kamu bisa menentukan kategori default yang akan kamu per gunakan, jika suatu saat kamu kelupaan saat membuat konten dan menentukan kategori apa yang akan kamu tentukan. sehingga nantinya kategori default akan secara otomatis dipilih. Kemudian untuk Default Post Formating biarkan saja pada Standard, karena sebetulnya kamu bisa memilih nya pada saat akan mempublishkan konten.

Lalu pada “Post via email” ini adalah untuk melakukan posting melalui email. jika kamu hendak memilih opsi ini, kamu akan perlu menyiapkan akun e-mail dengan akses POP3, secara otomatis semua email yang nanti diterima di alamat ini akan diposkan.jika menggunakan opstion ini kamu harus simpan baik-baik alamat email ini

Selanjutnya di bagian Update Services, ketika kamu mempublikasikan posting artikel baru, WordPress otomatis memberitahukan layanan update yang terisi di sini dibagian ini. atau bisa dikatakan ini sejenis ping services. untuk info yang lebih lengkap silahkan lihat di artikel ini tentang ping service.

3. Submenu Reading Settings

Pada bagian submenu reading setting ini kamu bisa kunjungi dan klik setting >> Reading. Sebetulnya bagian ini adalah untuk menampilkan pengaturan konten yang kamu punya.

Cara Mengatur Konfigurasi Settingan WordPress

Bagian pertama di submenu ini adalah “Your homepage display” jika kamu memilih opsi “Your latest posts”. maka pada menu ini akan ditampilkan pada halaman awal situs yang sifatnya otomatis. postingan terakhir juga bisanya akan tampil di bagian homepage pencarian situs. (umumnya ini digunakan sebagai default). Akan tetapi jika kamu menggunakan Plugin Yoast Seo, kamu juga bisa mengatur nya di bagian submenu “Your homepage display”.

Kemudian jika kamu memilih “Static Page”,kamu akan menampilkan halaman depan statik atau pilihan tetap dari halaman atau pages situs. Untuk memilih pilihan ini kamu harus mempunya halaman/ page yang sudah di publikasikan. Biasanya menu ini dipergunakan oleh situs-situs ecommerce, bisnis, portfolio dan situs yang sejenis.

Selanjutnya pada bagian Feeds. kamu bisa memilih full text atau summary. pada bagian ini untuk mengontrol berapa keseluruhan jumlah Maksimal pada postingan yang akan kamu tampilkan pada bagian halaman depan dan kamu juga bisa menampilkan konten dalam teks lengkap atau hanya text ringkasan saja.

Kemudian pada “Search Engine Visibility” memungkinkan kamu jika ingin situs kamu diabaikan oleh mesin pencari. pada menu ini dipakai ketika situs belum siap untuk di publikasikan karena sedang melakukan update atau dalam mode pengembangan.

4. Submenu Disscusion Setting

Di bagian Disscusion Setting ini memungkin kan kalian untuk mengatur dalam mengelola komentar dan mengendalikan tautan link ke postingan situs atau halaman situs wordpress.

Cara Mengatur Konfigurasi Settingan WordPress

Di menu pertama adalah artikel default setting. Pada Pengaturan yang pertama akan berkaitan dengan link yang kamu buat ke situs blog lain. saya memilih tidak di centang di bagian ini.

kemudian yang kedua dengan ping back dan trackback, atau link kembali ke blog Anda. Di bagian ini saya juga memilih untuk tidak mencentang nya.

lanjut ke Pengaturan ketiga dalam pengaturan artikel default yang memungkinkan orang untuk mengirim komentar pada artikel baru. Jika Anda lebih suka tidak mengizinkan orang mengomentari pos Anda, hapus centang pada kotak ini.

Di pengaturan komentar lainnya, kamu bisa memilih opsi ini agar orang bisa mengirim komentar dan bagaimana nantinya komentar mereka bisa diatasi dengan baik.

Selanjutnya, di bagian menu email me whenever, kamu bisa memilih opsi ini untuk mengirim notifikasi lewat email jika nanti ada pengunjung yang ingin meninggalkan komentar di situs kamu atau memungkinkan kamu ketika kamu ingin komentar membutuhkan moderasi. Sebelum komentar muncul, kamu bisa menyeleksi dan akan memilih apakah komentar bisa disetujui atau akan ditolak nantinya.

Di bagian menu Comment Moderation, kamu akan bisa menyesuaikan seperti apa komentar bisa ditahan berdasarkan jumlah link. pada bagian ini kamu dapat menyaring jenis kata kemudian nama URL, email atau bahkan IP untuk ditahan komentar nya sehingga kamu bisa memilih komentar mana yang akan disetujui.

Pada bagian menu Comment Blacklist ini kamu juga bisa membuat daftar hitam kata untuk komentar yang kemungkinan spam.

Pada bagian menu avatar setting . kamu bisa menetapkan gambar avatar sehingga akan terlihat gambar jenis mana yang akan ditampilkan pada bagian moderator. kamu juga mengaktifkan tampilan gambar avatar untuk pengunjung yang mengomentari postingan atau halaman pada situs. Bisa untuk juga kamu setting untuk memfilter berdasarkan rating dan memilih avatar default. Jika kamu sendiri belum memiliki tampilan gambar avatar, kamu bisa kunjungi situs gravatar.com dan pilih avatar yang sesuai dengan keinginan kamu.

5. SUBMENU MEDIA SETTING

Kita lanjut pada bagian Submenu media setting wordpress. Kamu bisa kunjungi menu ini dengan cara klik pada bagian menu (setting>>Media). Pada bagian ini kamu bisa mengatur maksimal ukura untuk gambar pada saat kamu membuat postingan yang dipublikasikan.

Cara Mengatur Konfigurasi Settingan WordPress

6. Submenu Permalinks Settings

Pada bagian permalink kamu kunjungi di bagian menu setting>>Permalink. Sebetulnya bagian permalink ini saya sudah bahas pada artikel Cara Mengubah Permalink di WordPress Agar Lebih SEO. Permalink merupakan alamat url situs yang akan berkaitan dengan jenis nama postingan pada setiap post konten kamu. kamu bisa setting permalink situs dengan memilih pada pilihan post name. Karena dengan memilih post name, permalink kamu atau alamat postingan kamu akan lebih pendek dan tentunya lebih SEO dimata google search.

Cara Mengatur Konfigurasi Settingan WordPress

Demikianlah pembahasan cara mengatur konfigurasi setting wordpress lengkap. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari cara untuk konfigurasi settingan d wordpress. sampai jumpa di artikel berikutnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *