3 Cara Install Theme WordPress Yang Benar

  • Whatsapp

3 Cara Install Theme WordPress Yang Benar – Worpress Adalah sebuah program CMS yang memiliki ribuan template menarik baik gratis maupun berbayar. Jika kamu berkunjung ke wordpress.org, disana kamu akan menemukan banyak sekali theme wordpress yang gratis dan ada juga yang berbayar (premium Theme). Nah ketika kamu baru saja menginstall wordpress, kamu akan memiliki tema wordpress yang standar pada saat awal penginstallan wordpress. Memiliki situs wordpress menurut saya akan tidak enak dipandang jika memiliki theme yang standar/ default nya.

Untuk menampilkan tampilan wordpress yang menarik untuk pengunjung situs, alangkah baiknya jika kamu mengganti template wordpress bawaan nya dengan theme wordpress responsive. Fungsinya agar situs wordpress kamu bisa memiliki performa yang baik pada saat loading dan bisa terbaca dengan baik oleh google search di hasil pencarian.

Read More

Bagaimanakah Cara Menginstal Template WordPress?

Ada 3 cara untuk install theme wordpress. langkah untuk menginstall theme wordpress pun pertama bisa melalui pencarian di dashboard admin wordpress. Yang ke dua bisa melalui upload di bagian dashbroard juga. yaitu dengan cara upload theme wordpress nya ke bagian folder theme dimana wordpress kamu di install. yang ketiga bisa melalui FTP dengan cara mengupload file theme nya melalui program ftp yang.

1. Install theme Wordpres Melaui pencarian di dashboard wordpress

Cara instal theme wordpress yang pertama ini menurut saya adalah cara yang paling mudah dilakukan. Karena kamu hanya perlu mengunjungi nya di bagian dashboard wordpress. Klik Appereance>>Theme>>addnew. Kemudian kamu tinggal pilih atau ketikan keywoard theme yang ingin kamu install di tab pencarian yang berada di kanan atas. Saya contohkan sedang mencari theme dengan kategori blogging. Disana ada banyak theme blogging yang bisa kamu install secara gratis. Selain gratis Tapi ada juga theme wordpress yang premium/ berbayar.

3 Cara Install Theme WordPress Yang Benar

2. Install Theme WordPress Dengan Cara Upload

Kemudian berikutnya yang kedua cara install theme wordpress dengan cara upload file yang sudah kamu download sebelumnya. cara ini biasanya digunakan untuk theme yang pengembang/ pembuat nya berasal dari luar wordpress.org. Biasa nya pengembang/ pembuat theme ini berasal dari pencarian google. Dia berdiri sendiri tidak melalui wordpress.org sehingga kamu harus mengunjungi situs si pembuat theme tersebut. Misalnya theme yang saya miliki ini memakai theme dari idntheme. Maka saya langsung membeli nya di idntheme. Setelah saya membeli theme dan mendapatkan theme nya langsung saya upload melalui Appereance>>Theme>>Upload

3 Cara Install Theme WordPress Yang Benar

3. Install Theme WordPress Melalui Program FTP

Cara install theme wordpress yang ketiga ini memang agak ribet gaes. Gak seperti cara 1 dan 2 tadi yang cukup simple. Install Theme menggunakan FTP ini biasanya dipakai oleh orang yang sudah mahir dan saya tidak menyarankan kamu jika kamu adalah pemula di wordpress kecuali memang kamu ingin belajar cara instal theme melalui ftp ini ya.

Untuk memulai install theme dengan ftv kamu harus mempunyai software ftp yang sudah teristall di Pc yang kamu punya ya. Atau jika kamu belum mengintall nya, kamu bisa mengunjungi nya disini untuk mendapatkan program ftp untuk komputer/ Laptop kamu.

Saya anggap kamu sudah memiliki FTP di komputer kamu ya. Langsung aja buka program Ftp nya dan pastikan FTP sudah terhubung dengan Hosting. lalu arahkan pada file /wp-content/themes/. Setelah kamu sudah pastikan berada di folder tersebut langsung kamu upload theme yang sudah di download/ atau arahkan pada lokasi theme yang berada di komputer kamu.

3 Cara Install Theme WordPress Yang Benar

Sebaiknya kamu unzip folder terlebih dahulu sebelum meng upload tema menggunakan FTP. Setelah selesai upload tema WordPress, silahkan untuk masuk kembali ke area admin WordPress kamu lalu klik menu Appearance>>Themes.

Kamu akan melihat tema baru kamu terlihat dalam di daftar folder Appearance>>Theme. Jika ingin mengaktivkan theme silahkan kamu klik menu “Activated” guna mengaktifkan tema WordPress nya.

Itulah 3 Cara Install Theme WordPress Yang Benar. Jika ada yang ditanyakan silahkan berkomentar dan sampai jumpa di artikel tutorial wordpress berikunya..

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *