Tutorial Pengenalan dan Fungsi Plugin WordPress

  • Whatsapp

Pengertian dan Apa Fungsi Plugin WordPress? Untuk kamu yang baru saja mengenal wordpress pastinya akan bertanya mengenai kata plugin. Plugin itu apa sih? dan Apa fungsi plugin terhadap wordpress? Nah sobat adseneca di artikel ini saya akan membahas tentang plugin dan apa kegunaan plugin wordpress itu sendiri untuk situs wordpress.

Jika kamu menggunakan wordpress versi gratis yang daftar nya melalui situs wordpress.com, Plugin tidak akan dibutuhkan untuk worpress gratisan. Fitur penggunaan plugin ini hanya berlaku untuk wordpress yang menggunakan self hosting atau hosting berbayar. Jadi ketika kamu menggunakan wordpress yang pendaftaran pertama nya dari situs wordpress.com hanya memerlukan beberapa settingan saja dan akan otomatis bekerja dengan baik karena sudah di sesuaikan dengan kebutuhan pengguna nya.

Bacaan Lainnya

PENGERTIAN DARI PLUGIN WORDPRESS

Plugin merupakan fungsi script tambahan yang dibuat untuk menjalankan program khusus di wordpress kamu. Dengan menggunakan plugin ini akan membuat wordpress kamu lebih maksimal. sama hal nya Jika berbicara tentang browser yang ada fitur extension nya kalau di mozila firefox. Nah plugin ini kurang lebih sama fungsi nya dengan exstension yang ada di browser tersebut. hanya saja plugin worpress dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP yang dibuat khusus untuk membuat wordpress lebih baik kinerja nya.

BAGAIMANAKAH PLUGIN BERFUNGSI DI WORDPRESS?

Setiap Plugin wordpress dapat bekerja di situs website kamu dengan menyimpan nya di database yang kamu miliki. Kamu bisa bebas menginstall plugin apa saja yang sesuai dengan kebutuhan kamu untuk wordpress. kamu juga bisa bebas mengaktivkan plugin dan menonaktivkan plugin kapan saja sesuai keinginan.

Setiap kali anda menginstall salah satu plugin wordpress, secara otomatis akan terhubung ke server selft hosting yang kamu miliki. setiap kali mengaktivkan plugin, semua kode script akan diproses di server penggunanya dan dikirimkan ke browser pengguna aktiv.

Perlu kalian ketahui bahwa plugin wordpress di buat dengan semaksimal mungkin sehingga ada beberapa plugin yang memungkinkan kamu bisa memakai kode API yang dimiliki developer plugin tersebut. Ada juga yang menggunakan jenis konten WordPress, taksonomi, dan jenis plugin khusus yang memungkinkan pengguna plugin ini bisa menyimpan berbagai macam jenis konten tidak hanya sekedar Konten post atau halaman saja.

LALU GIMANA CARANYA MENEMUKAN PLUGIN WORDPRESS?

Untuk Kamu yang ingin menemukan plugin, bisa mengunjungi nya dengan cara masuk ke dashboard admin wordpress lalu klik pada bagian Plugin>>AddNew. Kamu akan menemukan banyak sekali berbagai jenis plugin yang kamu inginkan di sana. Atau kamu sendiri bisa mencari banyak plugin nya langsung di situs wordpress.org nya kemudian klik pada menu Plugin wordpres. Atau langung saja bisa melalui Plugin WordPress

Pengenalan dan Fungsi Plugin WordPress

Ketika kamu pertama kali mengunjungi situs wordpress.org, kemudian masuk ke menu plugin. Kamu akan mendapati berbagai macam kategori jenis plugin. Jika kamu ingin mengakses atau melihat plugin dari kategori ini kamu harus memiliki akun wordpress atau kamu bisa masuk melalui google secara otomatis akan membuat akun worpress baru dan bisa melihat banyak jenis plugin ada di situ.

Pengenalan dan Fungsi Plugin WordPress

Pada umumnya plugin wordpress bisa diakses dengan gratis. Akan tetapi kalian akan dibatasi penggunaan plugin jika menggunakan fitur yang gratisan. Berbeda ketika kamu menggunakan plugin dengan jenis premium/ berbayar. Kamu akan mendapatkan akses penuh di plugin sehingga akan berkerja maksimal untuk membantu kualitas dalam membangun website wordpress.

Saya akan menyarankan untuk memakain plugin premium, Kenapa? ini alasannya:

1. Memang banyak sekali ribuan plugin dengan fitur gratisnya yang menawarkan kepada pengguna wordpress. Akan tetapi jika kamu menggunakan fitur premium, plugin yang kamu pakai nantinya akan jauh berbeda dengan versi gratis. plugin wordpres berbayar akan lebih mengoptimalkan kinerja nya karena pengembah pun sudah mendesain fitur ini hingga benar-benar bisa mengoptimalkan situs wordpress.

2. Dengan plugin premium kamu juga bisa meminta support/ bantuan ketika kamu mengalami masalah dengan plugin nya. Dan beberapa plugin mungkin tidak akan kompetible dengan plugin lain. Berbeda dengan plugin premium yang akan membebaskan akses degan plugin lainnya. jadi pastikan kamu menggunakan fitur premium dari wordpress ini yah ..

Apa Kegunaan Dari Plugin WordPress?

Jika kamu bertanya apakah plugin wordpress berguna untuk mengoptimalkan wordpress site? Jawaban saya sangat berguna sekali mase, dengan memakai plugin kita akan lebih mudah untuk menambah fitur pada situs wp sesuai dengan apa yang diinginkan. Namun plugin sendiri memiliki fungsi yang berbeda tergantung dari jenis plugin apa yang akan kamu pakai di wordpress. berikut ini ada beberapa jenis plugin dengan fungsi yang berbeda-beda.

PLUGIN WooCommerce

Plugin jenis WooCommerce ini berfungsi untuk situs jualan online. Jadi kamu bisa menggunakan jenis plugin WooCommerce untuk membuat situs wordpress jual beli online.

PLUGIN SEO

Plugin SEO wordpress sangat berguna untuk mengoptimalkan situs wrdpress di mesin pencari, plugin seo yang paling populer dan cukup baik adalah Yoast Seo

Plugin Security

Pada plugin jenis security ini beguna untuk kamu yang ingin meningkatkan keamanan pada template wordpress. Jika kamu ingin memakai katogeri plugin security ini kamu bisa mengunjunginya di plugin security wordpress.

Masih banyak lagi jenis plugin yang bisa kamu dapatkan selain yang saya sebutkan diatas tergantung dari kebutuhan jenis plugin apa yang akan kamu pakai.

CARA INSTALL DAN MENGGUNAKAN PLUGIN WORDPRESS

Untuk mengunakan plugin wordpress kamu bisa langsung melalui darshboard admin wordpress dan klik saja pada menu plugin>>AddNEW. Pilihlah jenis plugin yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Kamu Juga bisa dengan cara mendownload nya di stus wordpress.org dan masuk ke menu plugin. pilih jenis plugin dan kamu download plugin wordpressnya. kemudian kamu upload dengan menggunakan FTP ke bagian folder theme>>Plugin.

Perlu diketahui memang banyak sekali jenis plugin gratis. Akan tetapi saya menyarankan agar anda menggunakan plugin yang terpercaya yang sudah mendapatkan rating yang baik dari para pengguna plugin agar nantinya benar-benar bisa berfungsi dengan baik di situs wordpress. Pengalaman saya pernah menggunakan plugin yang rating nya kutang bagus bukannya mengoptimalkan website malah membuat website wordpress menjadi kurang optimal.

Demikian artikel saya tentang Pengenalan dan Fungsi Plugin WordPress. Semoga dapat di pahami dan bermanfaat untuk kamu yang baru saja mengenal wordpress. Sampai jumpa di artikel saya berikutnya ..

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *