8 Cara Membuat Blog di WordPress Paling Lengkap Untuk Pemula

  • Whatsapp

Hai, Kamu kesini pasti ingin tahu gimana cara membuat blog bukan ?. ya tentu saja, di artikel kali ini adseneca akan membahas bagaimana cara membuat blog di wordpress. Selain mudah cara menggunakannya, wodpres juga di bekali dengan berbagai macam plug in dan tema menarik sehingga sebagai pemula, saya jamin kalian  itu pasti akan betah menggunakan wodpress jika sudah mengerti cara membuat wodpressnya.

Pada dasarnya cara membuat blog dengan wordpress ada 8 yaitu :

Bacaan Lainnya

1). Membeli Domain dan hosting
2). Selesaikan pembelian Domain dan Hosting
3). Langsung Masuk ke cpanel
4). Membuat WordPress otomatis
5). Pilih usernama dan pasword yang unik
6). pilih tema yang sesuai keinginan
7). langsung install wodpress
8). Masuk Dashboard WordPress

Pada awalnya saya juga bingung bagaimana sih membuat blog keren dengan tema yang menarik dan betah ketika kita berkunjung ke blog keren itu. setelah saya cari tahu ternyata blog keren tersebut menggunakan media wordpress sebagai rumah si blog keren tersebut. yang belum tahu apa itu wordpress sebaiknya kamu simak dahulu apa itu wordpress dan bagaimanakah kelebihan dari platform yang satu ini.

Menurut Wikipedia WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Nah, berdasarkan pengertian dari wikipedia di atas, bahwa wodpres bisa di bentuk apapun sesuai dengan keingingan si pengguna nya. karena wodpress sendiri menggunakan bahasa program PHP jadi nya wodpress ini akan lebih pariatif untuk di ubah tampilannya.

Postingan artikel kali ini agak panjang nih sobat adseneca. untuk itu siapkan tempat duduk kamu agar nyaman saat membaca artikel ini ya.

Langkah Cara Membuat Blog di WordPress Paling Lengkap Untuk Pemula

1. Membeli Domain Dan Hosting

Untuk kamu yang belum tahu apa itu domain dan apa itu hosting saya akan sedikit menjelaskan. domain itu lebih familiar nya yg kayak dot com, net, id, dll. ini adalah tempat nya hosting untuk bertempat tinggal. dan  si hosting sendiri adalah tempat untuk menyimpan data website nya. data dari wordpress ini akan disimpan di hosting tersebut. jadi kamu harus mempunyai kedua nya untuk membuat blog wodpress ini ya.. Nah, Ada banyak situs terpercaya yang membuka jasa untuk menyediakan domain dan hosting. contoh nya saja di indonesia yang ngetrend untuk para blogger itu adalah rumahweb. rumah web bisa menjadi salah satu referensi untuk salah satu tempat layanan domain dan hosting. kamu bisa langsung order saja domain dan hosting sesuai yang kamu inginkan.

cara daftar domain di rumah web

Ketika kamu sudah punya domain idaman lalu lanjut ke pendaftaran domain dan hostingnya. di langkah ini kamu bisa juga untuk mendaftar sebagai domain baru atau kamu bisa mentransfer domain yang telah kamu punya sebelumnya. jika memang belum mempunyai domain dan hosting langung aja order domainnya.

Langkah2 untuk membeli hosting dan domain bisa kamu lihat di artikel ini ya sobat.

Artikel : Cara Membeli domain Dan Hosting di rumah web

Nah kita langung ke langkah berikutnya ya. Saya anggap kamu udah membeli hosting dan domain nya.

2. Install Blog Wodpress di Cpanel

untuk menginstall wordpress ada beberapa cara sobat. ada cara otomatis dan cara manual. Nah saya jelaskan satu persatu ya sob.

Instal Wodpress Manual

  • Pertama kamu Download WordPress dari situs resminya WordPress.org
  • Upload file tersebut via FTP mengguakan software Filezilla (informasi FTP disertakan dalam email Anda)
  • Unzip atau ekstrak file WordPress
  • Buat database untuk WordPress di server web Anda, dengan pilihan pengguna MySQL memiliki semua hak untuk mengakses dan memodifikasi.
  • Ganti nama file wp-config-sample.php menjadi wp-config.php.
  • Buka file wp-config.php dengan teks editor (notepad) dan isi rincian database Anda.
  • Tempatkan file WordPress di lokasi folder yang diinginkan di server web Anda.
  • Jalankan skrip instalasi dengan mengakses wp-admin/install.php di browser web Anda. Jika Anda menginstal WordPress di direktori root, Anda harus mengunjungi: http://namadomain.com/wp-admin/install.php , jika Anda menginstal WordPress dalam subdirektori sendiri disebut blog, misalnya, Anda harus akses dengan alamat:
  • http://namadomain.com/blog/wp-admin/install.php
  • Dan istalasi wordpress secara manual Anda sudah selesai.

Instal Wodpress Secara Otomatis

Jika kamu kesulitan dengan cara manual kamu bisa gunakan cara otomatis ini, karena ini jurus terakhir  dan cara ini paling mudah termudah dan tercepat untuk blogger pemula. 🙂 Lansung aja kita masuk ke cpanel admin nya ya sobat. pastikan kamu sudah menyimpan informasi user dan password nya dari tempat pembelian hosting sobat.

Instal Wodpress Secara Otomatis

Cara otomatis untuk setup WordPress di hosting Anda adalah untuk “auto installer” menginstalnya menggunakan cpanel langsung. proses ini cukup dilakukan hanya dalam beberapa klik mouse da beberapa ketikan tangan saja. dan bisa melihat gambar dibawah ini untuk langkah awal instalasi.

Pertama kita scroll ke bawah dan klik wordpress untuk menginstal nya wordpress nya.

Langkah berikutnya kamu langung klik instal wodpress nya.

Setelah itu kita lanjutkan ke pilihan. jika kamu menggunakan https gunakan fitur tersebut dan pilih nama domain kamu untuk melanjutkan.

Setelah menentukan nama jenis https dan nama domain kita lanjut ke pengisian nama blog dan deskripsi blog. sisilah sesuai dengan nama blog kamu dan isi deskripsi sesuai dengan pembahasan di blog kamu. dan jangan lupa juga untuk memberikan username dan paswword karena nanti nya username dan password disini menentukan ketika kamu akan masuk ke wordpress admin.

Lalu pilih bahas yang akan di gunakan nanti ketika mengoperasikan wodpress kamu. saya disini menggunakan bahasa inggris. nanti akan ada pilihan bahasa indonesia jika kamu bingung menggunakan bahasa inggris

Lanjut ke pemilihan tema wordpress nya sob, dan jangan lupa untuk menyimpan informasi email kamu karena nanti informasi mulai dari user dan password wordpress nya akan di kirimkan ke email itu. Kemudian untuk melanjutkan proses instalasi klik instal saja sob.

Kemudian kamu tunggu proses instalasi nya. ini memerlukan waktu beberapa detik saja.

Setelah selesai, wordpress kita akan memberitahukan cara untuk log in nya, saya tandai dengan garis merah untuk melanjutkan ke halaman admin wordpress dimana kita nanti membuat kreasi di wordpress.

kemudian kamu itu langsung saja masuk ke wordpress dan jangan lupa untuk masukan user dan password yang telah kita buat tadi. langung masuk untuk melihat halaman admin wordpress nya..

di langkah ini sebetulnya kamu sudah berhasil membuat wodpress. dan kita langung sudah bisa masuk ke dashboard nya wordpress.

1. Post : Untuk membuat postingan wordpress atau sekedar untuk melihat postingan dan mengedit nya

2. Media : Untuk melihat dan mengupload berupa gambar dan video

3. Page : Untuk membuat sebuah halaman page. bisanya ini berupa halaman penting seperti contact us, privacy policy atau disclaimer dari blog itu sendiri.

4. Comment : untuk melihat komentar yang ada di postingan blog.

5. Appearance : ini adalah untuk mengedit tema dan menyesuaikannya. di bagian ini kamu bisa mengubah jenis tema sesuai yang kamu inginkan.

6. Plug in : untuk menambahkan plug in dan juga mengedit, menginstal atau meng uninstall plug in. wordpress sudah di bekali dengan senjata plug in sob, sehingga wordpress akan lebih bagus dengan platform yang lainnya. Salah satu alasan besar mengapa WordPress begitu diterima secara luas adalah kemudahan penggunaan plugin. Plugin (Apa itu Plugin?) adalah fungsi tambahan yang dapat Anda tambahkan ke blog WordPress Anda, seperti situs cadangan atau tombol share media sosial. Plugin tidak hanya membuat hidup Anda menjadi lebih mudah dalam mengelola blog, plugin juga dapat meningkatkan blog Anda dan melindungi pekerjaan Anda. Banyak sekali plugin yang diciptakan untuk fungsi yang berbeda, ada plugin untuk meningkatkan SEO, Share Social, toko online, Mempercepat Loading WordPress dan masih banyak lagi.

7. User : Untuk menambahkan user ketika nanti wordpres mu berkembang dan akan ada editor khusus kamu bisa menambahkannya di bagian user ini.

8. Tools : untuk mengedit fitur atau pengaturan yang ada di wordpress kamu.

9. Setting : Bagian untuk mengatur pola dan tatanan wordpress

10. Selesai membuat blog di wordpress.

Itulah cara membuat blog di wordpress lengkap dengan tutorial cara membuat nya. semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu yang baru saja ingin membuat blog khusus nya membuat blog di wodpress seperti yang telah saya rinci di artikel ini. sampai jumpa di artikel berikutnya…

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar