Desain Menata Ruang Tamu Minimalis Unik

Diposting pada 469 views

TEMPO.CO, Jakarta – Waktu ibarat pedang yang siap membunuhmu. Demikianlah pepatah Arab mengingatkan bakal petingnya waktu. Sebab itu, kehadiran jam dinding di lokasi tinggal sebagai pengingat waktu paling penting.

Ide Dekorasi Ruang Tamu Minimalis  Ide ruang keluarga, Desain
Ide Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Ide ruang keluarga, Desain | Menata Ruang Tamu Minimalis

Mengakui eksistensi jam dinding melulu sebagai pengingat masa-masa rasanya tak cukup. Sebab kehadirannya punya potensi guna mempercantik tampilan interior rumah. Dengan catatan, Anda mesti tahu bagaimana memperlakukannya.

Arsitek dan desainer interior Vito Hariyanto mempunyai tip pengaturan jam dinding. Untuk Vito, di antara sekian banyak perabot rumah, jam dinding menjadi benda yang tidak jarang dilongok penghuni. Sebelum dan setelah beraktivitas, tak ‘lengkap’ bila tak menyaksikan benda ini. “Kehadirannya penting. Sebelum beraktivitas, seringkali kita lebih dulu menyaksikan jam dinding, begitu pun setelahnya, dan saat baru hingga di rumah,” ujarnya, Sealsa, 30 Agustus 2016.

Menata Ruang Tamu Selamat ulang tahun untuk bu Tris dan bu Vonny
Menata Ruang Tamu Selamat ulang tahun untuk bu Tris dan bu Vonny | Menata Ruang Tamu Minimalis

Bahkan Vito menganjurkan setiap rumah paling tidak mempunyai tiga unit jam dinding. Ketiga jam itu dapat diletakkan di ruang keluarga, kamar mandi, dan kamar tidur. Meskipun demikian, eksistensi jam dinding di ruang tamu atau ruang family menjadi prioritas lantaran ruang itu sebagai pusat pekerjaan di rumah.

Di samping ruang tamu, Vito memandang kehadiran benda ini di lokasi kamar mandi pun tak kalah pentingnya. Alasannya, supaya empunya rumah tidak berlama-lama di dalamnya. “Apalagi andai penghuni lokasi tinggal punya kelaziman berlama-lama di kamar mandi,” tutur arsitek empunya Media ke penerapannya di dinding, Vito menuturkan untuk rumah bergaya minimalis modern dianjurkan memilih jam dinding berbentuk sederhana. Kemudian warna jam dinding harus dicocokkan dengan konsep warna pada ruangan tersebut sendiri supaya memperkuat konsep ruangan.

Inspirasi Ruang Tamu Minimalis Ini Cocok Untuk Pasangan Muda - The
Inspirasi Ruang Tamu Minimalis Ini Cocok Untuk Pasangan Muda – The | Menata Ruang Tamu Minimalis

Tetapi teknik amannya, empunya rumah dapat memilih jam-jam dinding berwarna putih atau hitam. Sebab kedua warna tersebut paling mudah disandingkan dengan warna-warna lain sebab sifatnya yang netral. Lain halnya dengan warna-warna di luar hitam dan putih, kehadirannya harus dicocokkan dengan konsep warna yang sesuai. “Kalau untuk format dan material dicocokkan dengan konsep masing-masing, tak terdapat aturan khusus,” ujar Vito.

Soal ngka pada jam dinding usahakan dicocokkan dengan konsep rumah. Ruang berkonsep minimalis yang mengangkat konsep bersih betapa baiknya memakai jam dinding model tanpa angka. Tujuannya menyesuaikan dengan gaya minimalis rumah.

Top 5 Desain Ruang Tamu Kecil Unik Dan Minimalis 5
Top 5 Desain Ruang Tamu Kecil Unik Dan Minimalis 5 | Menata Ruang Tamu Minimalis

Adapun lokasi tinggal bergaya klasik dianjurkan menggunakan jam dinding dengan angka romawi. Penggunaan angka itu sejalan dengan konsep lokasi tinggal bergaya klasik. Setidaknya jam dinding berangka romawi ini dapat disandingkan dengan sejumlah elemen penyokong seperti benda koleksi yang antik di dalam ruangan.

Vito menyatakan soal kehadiran benda-benda di dekat jam dinding dapat dipadupadankan dengan bingkai potret keluarga maupun lukisan. Namun potret atau lukisan yang mempunyai warna senada dengan jam dinding bakal terlihat lebih cocok. “Posisi jam dinding lebih baik berada pada atas pandangan mata supaya tidak terhalang perabotan atau aksesoris lainnya,” ujarnya.

Model Pintu Utama Ruang Tamu  Desain ruang tamu, Ruang keluarga
Model Pintu Utama Ruang Tamu Desain ruang tamu, Ruang keluarga | Menata Ruang Tamu Minimalis

BISNIS

Berita lainnya:
Tren Warna Rumah Menyambut Lebaran
Mau Mengecat? Begini Cara Menghitung Kebutuhan Cat
Ingin Ganti Cat Rumah? Ini Pilihan Warna yang Sedang Tren

Cara Menata Ruang Tamu Minimalis  Perumahan Bukit Cikereteg Indah
Cara Menata Ruang Tamu Minimalis Perumahan Bukit Cikereteg Indah | Menata Ruang Tamu Minimalis

Tinggalkan Balasan