Nama Pakaian Adat Jawa Barat Mulai dari Beskap Hingga Kebaya

Nama Pakaian Adat Jawa Barat Mulai dari Beskap Hingga Kebaya

Diposting pada 225 views

Nama Pakaian Adat Jawa Barat Mulai dari Beskap hingga Kebaya Jawa barat merupakan salah satu provinsi yang mempunyai beragam adat budata dengan pakaian khasnya yang memiliki makna tertentu.

Pakaian adat dari provinsi ini kebanayakn berupa pakaian adat suku sunda. Lantaran di provinsi ini mayoritas masyarakatnya berdarah suku sunda.

Pakaian Adat Jawa Barat yang Beragam dan Unik

Pada umumnya pakaian adat provinsi Jawa Barat dapat dbedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan status sosialnya di masyarakat yaki pakaian adat bangsawan, kaum menengah dan rakyat biasa. Pakaian adat tersebut masih dilestraikan hingga saat ini. berikut beberapa jenis pakaian adat Jawa Barat meliputi

Kebaya Khas Suku Sunda

Umumnya pakaian adat ini memakai pilihan warna cerah diantaranya, merah, putih dan ungu muda. bentuk kebaya ini memang memiliki kesamaan dengan kebaya dari Jawa Tenagh maupun Jawa Timur. Namun, letak perbedaannya pada bagian leher.

Pakaian ini menggunakan setelan jarik di bagian bawah dengan motif batik khas Jawa Barat. Biasanya, si pengguna memakai beberapa aksesrosi yakni, tusuk konde, kalung, gelang, giwang, cincin dan beragam aksesoris lainnya.

Kebaya sunda merupakan pakaian adat yang dikenakan oleh rakyat biasa hingga kaum dengan status sosial menengah. Meskipun sama-sama mengenakan kebaya, tetapi bahan dan coraknya berbeda. Hal tersebut menunjukkan statsu sosial seseorang.

Pangsi

Setelan pakaian berupa baju kemeja polos diimbangi dengan celana longgar dan memiliki panjang tidak lebih dari mata kaki. Biasanya, baju ini menggunakan warna hitam. Pakaian adat ini memang dianggap sederhana dan terkesan usang.

Lantaran pakaian dikenakan oleh laki-laki dari kalangan biasa yang mayoritas bekerja sebagai petani maupun buruh.

Namun, penggunaan pakaian adat Jawa Barat ini juga dipakai oleh kalangan atas dengan model lebih bagus dan pemilihan bahan kain lebih berkualitas.

Atasan dari pangsi berupa kemeja polos dan dikenal dengan nama salontreng. Umumnya, baju ini dikombinasikan dengan sarung selontreng yang disampirkan menyilang di badan.

Penggunaan baju adat ini juga ditambahkan penutup kepala yang dikenal sebagai ikat logen dan alas kakinya berupa terompah.

Bedahan

Salah satu busana adat yang dipakai oleh kaum menengah di Jawa Barat. Biasanya, kalangan menengah memiliki profesi sebagai pedagang maupun saudagar. Pemakaian pakaian kelas menengah biasanya menggunakan manik-manik dalam pakaiannya.

Untuk wanita, mengenakan kebaya dengan pilihan warna cerah di bagian atasan. Sedangkan, pada bagian bawah mengenakan kain kebat batik dengan corak khas Jawa Barat.

Aksesoris yang dikenakan berupa selendang berwarna dan ikat pinggang dinamakan beubeur. Pemakaian alas kaki berupa selop yang dikenal sebagai kelon geulis dan perihiasan lain seperti kalung, giwang, anting dan lain sebagainya dibuat dari perak maupun emas.

Sedangkan, pakaian pria menggunakan atasan cerah dibalut jas takwa. Bagian bawahan memakai kain kebat batik dengan beragam corak.

Tidak lupas disertai dengan dengan aksesrosi seperti alas kaki, sandal terompah, ikat pinggang, ikat kepala, dan arloji berupa rantai emas yang digantung pada saku baju.

Menak

Salah satu pakain adat Jawa Barat yakni jasa berbahan beludru. Yang disulam memakai benang berbahan emas. Pakaian adat ini biasa dpakai untuk kalangan atas atau bangsawan. Hal ini dapat dibuktikan dari tampilan bajunya yang glamor dan mewah.

Menak berupa jasa tutup yang dikombinasikan dengan celana panjang dengan warna hitam dilengkapi dengan lilitan berupa jarit dari pinggang hingga lutut.

Pakaian ini juga dilengkapi dengan beragam jenis aksesoris yang sangat mendukung penampilan agar terlihat mewah dan glamor diantaranya penutup kepala, sabuk dan sandal selop. Biasanya aksesoris yang dikenakan oleh wanita berupa bros, peniti rantai, cincin dan perhiasan.

Beskap

Beskap merupakan pakain adat yang ditujukan untuk laki-laki dari Jawa Barat yang dipakai untuk agenda resmi. Baju adat ini berupa kemeja dengan desain untuk dipakai pada acara penting. Pilihan warna baju adat ini sangat beragam tetapi lebih diidentikkan dengan warna gelap dan polos.

Tekstur bahan kain tebal dengan kerah baju tanpa lipatan. Pakaian adat ini memiliki potongan tidak simetris. Tujuan dari ketidaksimetrisan ini untuk langkah antisipasi penggunaan aksesoris keris yang mungkin dianggap berat.

Pola kancing dari pakaian adat ini terbilang unik dan bentuk kancing menyamping. Umumnya, pakaian adat ini dipadukan dengan jarik dan memiliki corak khas Jawa Barat. Itulah Nama Pakaian Adat Jawa Barat Mulai dari Beskap hingga Kebaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *