Cara Menjadi YouTuber Pemula yang Sukses Raup Keuntungan

Cara Menjadi YouTuber Pemula yang Sukses Raup Keuntungan

Diposting pada 73 views

Adseneca – Menggeluti dunia bisnis secara online tidak hanya dengan cara berjualan barang atau menawarkan jasa secara online. Dengan menjadi seorang YouTuber pun, Anda bisa mendapatkan penghasilan yang cukup menjanjikan. Tentu saja, sukses menjadi seorang YouTuber tidak bisa diperoleh secara instan. Dibutuhkan kerja keras dan berbagai cara dan trik agar hal tersebut bisa terwujud. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan peluang sukses menjadi YouTuber diantaranya adalah:

Pemilihan Niche

Cara pertama yang harus dilakukan saat memutuskan menjalani profesi sebagai YouTuber sukses adalah menentukan niche yang tepat. Sebaiknya, pilihlah niche atau topik khusus yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. Dengan cara ini bisa membuat Anda semakin produktif dalam meningkatkan jumlah viewers. Sebab, Anda bisa menikmati semua proses saat melakukan tugas sebagai YouTuber sehingga berhasil menciptakan konten yang kreatif dan sesuai dengan niche pilihan Anda tersebut.

Sebagai referensi, Anda bisa mempertimbangkan beberapa niche YouTube berikut ini:

~ Animal
~ Gaming
~ Musik
~ Culinary
~ Fashion
~ Lifestyle
~ Travelling
~ Technology

Gali Ciri Khas Anda

Cara kedua untuk menjadi YouTuber yang sukses adalah menggali potensi diri dan menemukan ciri khas yang kuat. Hal ini penting untuk dimiliki agar mampu bersaing dengan jutaan akun YouTube lainnya. Ciri khas ini bisa Anda temukan dengan berbagai cara. Misalnya, dari atribut yang dikenakan, gaya bahasa, atau setting ruangan yang unik. Sebagai gambaran, beberapa cara menjadi YouTuber pemula yang sukses diantaranya adalah:

~ Stop meniru orang lain tapi jadilah diri Anda sendiri. Misalnya, cara menjalin komunikasi, bertindak, dan berinteraksi dengan orang lain.
~ Pilihlah setting yang sesuai dengan niche dan passion Anda mulai dari lokasi, pengaturan lighting, hingga properti yang digunakan. Misalnya, mengambil lokasi di ruangan bernuansa ungu untuk menunjukkan kesan misterius.
~ Ciptakan kalimat singkat (tagline) yang mampu membuat orang selalu ingat kepada Anda.
~ Tidak perlu menutupi logat daerah karena hal ini bisa menjadi modal Anda untuk meraih sukses dalam meningkatkan jumlah viewers.
~ Tentukan personal style Anda, yaitu pemilihan fashion yang akan menjadi ciri khas Anda. Misalnya, menggunakan syal motif tengkorak dan bucket hat untuk Anda yang memilih niche travelling.

Tentukan Tipe Konten

Cara berikutnya agar sukses dalam menjalan profesi sebagai YouTuber adalah menentukan tipe konten. Agar lebih mudah dalam mengembangkan channel YouTube Anda sekaligus membentuk niche yang kuat, sebaiknya fokuslah pada satu tipe konten. Terdapat 3 alternatif tipe konten yang bisa Anda pilih, yaitu:

~ Educate : Bertujuan agar viewer mendapatkan pengetahuan.
~ Entertain : Bertujuan agar viewer merasa terhibur.
~ Evince : Bertujuan agar viewer melakukan aksi seperti, pembelian, berlangganan, menyewa, dan lain-lain.

Ciptakan Konten Menarik

Cara menjadi YouTuber pemula yang sukses bisa diwujudkan dengan merancang sebuah konten menarik. Cara yang satu ini bertujuan untuk menjaring banyak penonton hingga mampu menduduk tangga trending. Untuk menemukan ide atau inspirasi materi konten, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu:

~ Cek materi kompetitor yang satu niche dengan Anda.
~ Riset kata kunci dan topik yang sedang hangat diperbincangkan.
~ Tentukan ide konten dan tulis script atau teks dialog.

Siapkan Peralatan

Salah satu investasi yang harus disiapkan sejak memutuskan untuk menjadi seorang YouTuber yang sukses adalah peralatan yang lengkap dan memadai. Misalnya:

~ Teleprompter (layar untuk skrip konten)
~ Mikrofon eksternal
~ Lighting
~ Kamera
~ Aplikasi Video Editing

Bangun Jaringan

Cara terakhir yang bisa dilakukan agar sukses menjadi YouTuber adalah membangun jaringan luas melalui media sosial. Hal ini perlu dilakukan agar lebih banyak lagi yang akan masuk ke channel dan menonton video Anda. Caranya adalah dengan upload cuplikan video konten di YouTube di media sosial seperti Twitter, Linkedin, Instagram, dan Facebook. Jangan lupa sertakan pula link dan caption menarik agar teman-teman di media sosial Anda penasaran dan akhirnya menonton video kreasi Anda. Cara menjadi YouTuber pemula yang mampu mendulang sukses bisa Anda wujudkan jika menerapkan cara-cara tersebut diatas. Mulai dari menentukan niche, tipe konten, hingga membangun jaringan yang luas dengan penuh semangat tanpa kenal putus asa.