Cara Membuat NPWP Online Untuk Melamar Pekerjaan

10 Cara Membuat NPWP Online Untuk Melamar kerja

Diposting pada 117 views

Npwp merupakan salah satu syarat untuk melamar kerja di beberapa perusahaan. Namun ternyata banyak juga yang tidak tahu bagaimana cara membuat npwp online untuk melamar kerja.

Pertanyaannya apakah ketika kita mengajukan untuk membuat npwp itu diharuskan untuk yang sudah mempunyai penghasilan? Dan apakah yang belum memiliki pekerjaan bisa membuat NPWP?

Ikuti artikel kali ini karena disini saya akan menjelaskan bagaimana membuat NPWP secara online untuk kamu yang ingin melamar kerja.

NPWP Untuk Melamar Pekerjaan

Dikutip dari Kompas, Ternyata memiliki NPWP bukan berarti harus membayar pajak. pajak penghasilan per orang atau pribadi, ternyata baru timbul jika memang ada kewajiban pajak.

Kewajiban itu akan muncul setelah kamu mempunyai NPWP dalam hal ini lapor SPT dan membayar wajib pajak untuk kamu yang sudah memiliki penghasilan dan di atas penghasilan tidak kena pajak (PTKP).

Nah.. NPWP juga bermanfaat untuk kamu yang mau urusan administrasi di perbankan. Jika kamu membuat NPWP untuk yang belum memiliki pekerjaan, ternyata akan meningkatkan jumlah Wajib Pajak di Indonesia.

Namun demikian, pembuatan NPWP juga akan berbanding lurus dengan meningkatkan kesadaran masyarakat akan hal perpajakan.

Dari penjelasan di atas, kesimpulannya adalah jika kamu yang memiliki NPWP tetapi belum bekerja, ternyata tidak akan dikenakan wajib pajak.

CARA MEMBUAT NPWP ONLINE UNTUK MELAMAR KERJA

Persyaratan Membuat NPWP.

  1. Fotocopy KTP (WNI)
  2. Fotocopi paspor, fotocopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) untuk WNA.

Langkah membuat NPWP Untuk melamar Kerja :

  1. Kamu bisa langsung daftar melalui situs resmi direktorat jendral pajak www.pajak.go.id
  2. Pilih menu daftar.
  3. Masukkan alamat e-mail yang masih aktif dan buat password.
  4. Buka link verifikasi yang telah dikirim melalui e-mail untuk aktivasi akun. Ikuti petunjuk yang ada di email masuk dari Ditjen Pajak Setelah proses aktivasi selesai
  5. silakan login ke sistem e-Registration dengan memasukkan email dan password akun yang telah dibuat sebelumnya Setelah masuk ke halaman registrasi
  6. isi data diri secara lengkap dan benar Setelah pengisian data diri selesai, ikuti semua tahapan pengisian dengan teliti
  7. Setelah semua pengisian formulir terisi lengkap, pilih tombol daftar untuk mengirimkan formulir registrasi ke kantor pajak terdaftar Setelah selesai, kantor pajak akan memproses pengajuan NPWP
  8. Setelah mengisi semua formulir secara lengkap, maka akan muncul status pendaftaran di dashboard situs ereg pajak. Di sana pendaftar harus menekan tombol kirim token, dan harus mengisi Captcha, lalu klik submit
  9. Konfirmasi akan dikirim melalui e-mail. Salin token yang sudah didapatkan Klik menu token untuk mendapatkan kode unik sebagai syarat pengajuan
  10. Kemudian cek email masuk untuk melihat token. Jika permohonan pendaftaran NPWP disetujui, maka NPWP akan dikirimkan kantor pajak ke alamat wajib pajak via pos.

Demikian artikel saya tentang cara membuat NPWP online untuk melamar kerja. Semoga bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan. Dan salam sukses untuk yang baca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *