Inilah Kenapa Ada PSBB, Corona Bisa Menular Melalui Udara

  • Whatsapp

Untuk mencegah laju penyebaran Covid-19 di Indonesia, pemerintah akhirnya memutuskan untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) pada 31 Maret 2020, sudah hampir sebulan sejak kasus Covid-19 pertama kali ditemukan di Indonesia. PSBB atau bisa diartikan sebagai lockdown parsial merupakan salah satu intervensi yang dilakukan pemerintah setelah sebelumnya mengimbau masyarakat untuk menjaga jarak (physical distancing).

Kebijakan ini membatasi mobilitas masyarakat, salah satunya dengan menutup sekolah-sekolah dan kantor-kantor, guna memutus rantai penyebaran virus SARS-CoV-2, penyebab Covid-19. Aturan jarak sosial khas yang diterapkan oleh banyak negara antara 1-2 meter tampaknya efektif ketika Anda berdiri diam di dalam atau bahkan di luar dengan angin kencang.

Tetapi ketika Anda berjalan-jalan, berlari atau bersepeda, Anda sebaiknya lebih berhati-hati Ketika seseorang berlari, bernafas atau batuk, partikel-partikel itu tertinggal di udara. Orang yang berlari di belakang Anda akan mudah tertular covid-19, negara eropa menyebutnya slip-stream (menular melalui udara).

Para peneliti sampai pada kesimpulan ini dengan mensimulasikan terjadinya partikel air liur orang selama gerakan (berjalan dan berlari) dan ini dari posisi yang berbeda (di samping satu sama lain, diagonal di belakang satu sama lain dan langsung di belakang satu sama lain). Biasanya pemodelan jenis ini digunakan untuk meningkatkan tingkat kinerja atlet karena tinggal di aliran udara satu sama lain sangat efektif. Tetapi ketika melihat COVID-19 rekomendasinya adalah untuk tetap keluar dari slipstream menurut penelitian.

Hasil tes ini dibuat terlihat dalam sejumlah animasi dan visual. Awan tetesan yang ditinggalkan oleh seseorang terlihat jelas. “Orang-orang yang bersin atau batuk menyebarkan tetesan dengan kekuatan yang lebih besar, tetapi juga orang-orang yang hanya bernapas akan meninggalkan partikel di belakang”.

Untuk itu pemerintah indonesia mengadakan psbb guna untuk melindungi masyarakat dari penyebaran covid-19 yang semakin meluas. jadi kalian tetap stay at homa aja ya ..

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *