Denah Desain Rumah Minimalis Modern 90m2 Kreatif

  • Whatsapp

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Desain Rumah Minimalis 3 Lantai Luas Tanah 3m3  Desain Rumah
Desain Rumah Minimalis 3 Lantai Luas Tanah 3m3 Desain Rumah | desain rumah minimalis modern 90m2
Rumah 3 Lantai Luas Tanah 3m3  Tipe Rumah Minimalis  Rumah
Rumah 3 Lantai Luas Tanah 3m3 Tipe Rumah Minimalis Rumah | desain rumah minimalis modern 90m2

Bapak Ir. Aria yang terhormat.

Kami mempunyai tanah seluas 90m2 dengan ukuran lebar 6m dan panjang 15m. (Layout Existing terlampir).

Rumah yang baru kami tempati ini semenjak tahun 2007 telah tidak banyak kami renovasi dari aslinya yaitu mengalihkan kamar istirahat yang sebelumnya berdampingan. Kami tidak merenovasi tinggi lantai bangunan sebab keterbatasan dana. Namun saat hari hujan, lokasi tinggal kami kemasukan air dari bawah (rembesan) disela2 keramik sebab tinggi lantai yang paling rendah dikomparasikan jalan raya. Air tidak masuk dari depan sebab pemilik sebelum kami sudah mengurug unsur carport dan teras serta taman setinggi 20cm, kecuali bila hujannya deras dan banjir lebih dari 20cm di jalan raya, baru air masuk ke dalam rumah. Artinya situasi sekarang, tinggi lantai dalam lokasi tinggal lebih rendah 20cm dari teras/carport. Air didalam mesti kami pompa guna mengurasnya.

Untuk itu, kami berencana merenovasi kembali supaya tidak terdapat lagi rembesan dari bawah lantai. Daerah lokasi tinggal kami memang wilayah banjir yakni di Perumahan Duta Kranji Bekasi, masa-masa banjir besar tahun 2007, lokasi tinggal tersebut (rumah tsb berdampingan dengan lokasi tinggal orang tua), kebanjiran setinggi 1 meter dari jalan raya, atau 120cm bila dari dalam lokasi tinggal kami sekarang. Rencana kami bakal mengurug lantai dalam lokasi tinggal sekitar 1 m, taman dan carport dapat dipertahankan dengan elevasi sekarang supaya pintu masuk lewat teras dapat menggunakan tangga supaya menambah kesan bagus (mungkin..:).

Agar renovasi kami tidak berulang, kami berencana guna merenovasi jadi bertingkat, sementara teknis pembangunannya dapat disesuaikan dengan kondisi finansial yang ada. Maksudnya desain renovasi telah siap guna jadi lokasi tinggal bertingkat. Saya sendiri seorang dokter PNS di Puskesmas Kab. Bekasi, sekitar ini praktek dirumah saya layani dirumah orang tua yang letaknya berdekatan. Saya bercita-cita andai telah direnovasi, saya dapat praktek kedokteran di lokasi tinggal kami, tidak di lokasi tinggal orang tua lagi. Untuk tersebut kami minta bantuannya supaya kami dapat mewujudkan kemauan kami, dengan keperluan ruang sebagai berikut:

Lantai 1: Taman (sumur resapan):1 Car port:1 (min: 4,5×3) Teras:1 Ruang Tamu : 1 Ruang Praktek Dokter:1 (max: 3×3) Ruang Keluarga : 1 Ruang Tidur : 1 Ruang makan:1 Dapur:1 K. mandi : 1 Taman belakang:1

Lantai 2: Balkon/Teras:1 Ruang Keluarga  :1 Ruang Tidur : 2 K. Mandi: 1 Gudang : 1 R. Tidur Pembantu : 1 Void (ruang terbuka):1

Lantai 3: Tempat Nyuci:1 Tempat Jemuran:1 Torn Air:1

denah dan tampak rumah sederhana minimalis tipe rumah 3 m3 di
denah dan tampak rumah sederhana minimalis tipe rumah 3 m3 di | desain rumah minimalis modern 90m2

Pak Aria, finansial kami belum memungkinkan untuk membina sekaligus, bagaimana metodenya supaya kami dapat mempunyai rumah laksana yang kami mau dengan teknik membangun secara bertahap. Mohon pertolongan dan saran dari Bapak. Atas pertolongan Bapak kami sampaikan Jazakallah khair…….

Wassalamu’alaikum Wr.Wb….

dr. Yunilasari

Layout Existing:

Wa ‘alaikumussalam Wr. Wb…..

Ibu dokter Yunilasari yang insya Allah tidak jarang kali dalam keagungan dan rahmat Allah SWT, sayang sekali dalam renovasi etape kesatu yang sudah dilakukan, ibu tidak cukup mempertimbangkan hal lingkungan dan keperluan ruangnya, sehingga duit yang sudah dikeluarkan menjadi tidak cukup bermanfaat.

Karena itulah perlunya ibu berkonsultasi dengan arsitek sampai-sampai semua keperluan ibu bisa terpenuhi. Walaupun ibu belum mempunyai dana yang lumayan untuk membina seluruhnya, tetapi andai desain pengembangannya telah ada, ibu tidak butuh meraba-raba lagi dalam membangun, sehingga duit yang terbatas tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Tentunya andai saya sakitpun saya tidak bakal gegabah guna menilai penyakit saya sendiri dan melakukan pembelian obat sembarangan, namun terlebih dulu bakal berkonsultasi dengan Ibu dokter….

Untuk situasi rumah ibu laksana yang sudah ibu ceritakan lumayan lengkap, saya mengupayakan membuatkan solusi-solusi supaya seluruh ruangan yang ibu inginkan dapat terpenuhi namun tetap mengisi kaidah arsitektur yang baik dan penampilan yang lumayan artistik.

Karena distrik ibu rawan banjir, maka penyelesaian untuk mendongkrak rumah dari jalan memang ialah langkah satu-satunya selain andai ibu hendak menjualnya. Tetapi lokasi tinggal kesatu yang dipunyai dari hasil jerih payah dan tentunya sebab kemudahan dari Allah seringkali akan dijaga karena menjadi memori tersendiri bagi kamu dan suami.

Di sini lantai rumah ditingkatkan 120 cm dari jalan, dan saya sarankan supaya naik lebih tinggi lagi dari ambang tertinggi banjir supaya cukup aman dari bisa jadi air bakal naik lagi. Agar pengurugan tanah tidak perlu terlampau padat, usahakan lantai diciptakan dengan konstruksi panggung laksana kita menciptakan lantai 2, tidak banyak lebih mahal namun dalam pelaksanaannya lebih simple dan cepat dibanding mesti memadatkannya.

Tangga naik diciptakan dari arah teras dengan elevasi masing-masing anak tangga maksimal 20 cm dan lebar pijakannya 30 cm (semakin pendek anak tangga maka ruang tangga bakal semakin panjang sampai-sampai memakan ruang). Dengan adanya tangga naik ini, teras di muka pintu tersisa 1.5-1.7 m. Level taman pun usahakan diciptakan dengan elevasi minus 20 cm dari teras sampai-sampai tidak terasa sempit pada saat terbit masuk rumah. Taman kamu juga bakal terbebas dari banjir yang bakal merusak tanaman-tanaman favorit anda.

Pada lantai 1, Ruang tamu berukuran 3m x 3m, bermanfaat juga sebagai ruang tunggu pasien, sebab bersisian dengan ruang praktek dokter berukuran 3m x 2.5m. Ruang praktek terdiri dari 1 lokasi tidur, kursi dan meja dokter serta 1 unit lemari dokumentasi dan alat-alat kesehatan.
Di sisi kanan ruang tamu terdapat ruang family dan ruang tangga berbentuk U guna menghemat tempat. Ruang family di lantai 1 ini pun bisa bermanfaat sebagai ruang makan andai tidak mencukupi. Agar lebih compact dan tidak memakan ruang, meja santap dapat didesain menyatu dengan kitchen set/ dapur. Kamar mandi dan kamar istirahat untuk tamu berukuran 3m x 3.5 m terletak di sisi kiri bangunan.

Lahan di unsur belakang usahakan disisakan guna taman supaya ruang-ruang menemukan penghawaan dan penyinaran alami.

Naik ke lantai 2, ada ruang family atau ruang bersantai, dan 2 kamar tidur, serta kamar mandi, kamar penolong dan gudang. Kamar istirahat utama berukuran 3m x 4m dan mempunyai balkon yang menghadap ke jalan. Kamar istirahat anak berukuran 3m x 3.5m,  mempunyai jendela kearah void di atas taman belakang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *