Pilihan Kamar Loteng Kayu Kreatif

  • Whatsapp

Reporter: Media | Editor: Dikky Setiawan

3 Desain Kamar dari Loteng Rumah. Daripada Jadi Sarang Tikus dan
3 Desain Kamar dari Loteng Rumah. Daripada Jadi Sarang Tikus dan | Kamar Loteng Kayu

JAKARTA. Ada sejumlah cara menciptakan rumah menjadi lebih luas, salah satunya dengan memaksimalkan faedah loteng. Jarak antara ruang langit-langit dan atap dapat Anda jadikan sebagai ruangan tambahan, atau yang biasa dinamakan dengan loteng. 

Bacaan Lainnya

Dibandingkan dengan menciptakan bangunan bertingkat, loteng memang tidak terlampau luas, namun lebih hemat ongkos dan unik secara tampilan arsitektur sebab tidak mengolah fasad.  

Bahkan di negara barat, penciptaan loteng guna area bermain, ruang studio, atau kamar anak paling umum diterapkan. 

Jika Anda hendak mencoba untuk menciptakan loteng di rumah, ada sejumlah hal yang perlu diacuhkan untuk membuatnya jadi lebih nyaman. Berikut di antaranya:

Buatlah Kamar Loteng Lebih Nyaman
Buatlah Kamar Loteng Lebih Nyaman | Kamar Loteng Kayu

1. Material Lantai

Perlu diamati bahwa  langit-langit lokasi tinggal akan menjadi lantai loteng. Oleh karena itu, andai sebelumnya langit-langit lokasi tinggal Anda tercipta dari bahan yang enteng (misalnya triplek atau gypsum), Anda butuh menggantinya dengan bahan yang lebih kuat. 

Hanya saja, sebab dinding dan pondasi mula rumah tidak diciptakan untuk menampung ruang tambahan, maka dianjurkan untuk tidak memakai material lantai yang terlampau berat. Anda dapat menggunakan material vinyl atau kayu.

2. Jadi Lebih Tinggi

Gambar : rumah, bangunan, pedesaan, kamar, loteng, desain interior
Gambar : rumah, bangunan, pedesaan, kamar, loteng, desain interior | Kamar Loteng Kayu

Jika sebelumnya kita tidak begitu memerhatikan jarak antara langit-langit dan genteng, dalam menciptakan ruang loteng urusan ini patut menjadi acuan. Umumnya, jarak langit-langit sampai genteng sektiar 1 meter (m), usahakan diciptakan menjadi 2 m – 3 m supaya penghuni tidak membungkuk saat berlangsung di loteng.

Tak bisa dipungkiri bahwa evolusi tinggi dan peningkatan ruang pun mengganti standar pondasi, guna itu, tidak boleh terlalu membebankan ruang loteng dengan tidak sedikit furnitur. Penggunaan built in furniture sangat dianjurkan untuk menciptakan desain ruangan kita jadi multi fungsi.

3.Akses

Buat akses mengarah ke loteng dengan jalur yang sesuai. Misalnya andai loteng diperuntukkan sebagai kamar anak, pakai anak tangga yang kecil, dengan material yang tidak terlampau licin, namun diciptakan agak lebih lebar demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Buatlah Kamar Loteng Lebih Nyaman
Buatlah Kamar Loteng Lebih Nyaman | Kamar Loteng Kayu

Anak tangga yang kecil (tidak terlampau tinggi) akan menciptakan  anak nyaman saat mengarah ke loteng (pas dengan tahapannya sehingga terhindar dari kesandung).

Begitupun pemakaian material yang tidak licin, contohnya kayu, tujuannya supaya anak tidak terpeleset. Sementara tangga yang diciptakan agak lebar akan menciptakan akses loteng jadi lebih nyaman (tidak sempit).

4.Ventilasi

Tak bisa dimungkiri bahwa posisi loteng yang berada pada bangunan teratas menciptakan suhunya jadi lebih panas. Bagi itu, ventilasi yang baik pun perlu diacuhkan guna menciptakan ruangan lebih nyaman. 

3 Model Loteng Rumah Paling Unik, Jauh Dari Kesan Angker!
3 Model Loteng Rumah Paling Unik, Jauh Dari Kesan Angker! | Kamar Loteng Kayu

Triknya, Anda dapat menambahkan AC, jendela, serta memasang insulator di bawah genteng. Guna penciptaan jendela, disarankan supaya tidak menghadap sinar matahari langsung guna menghindari panas. 

Sementara insulator, dapat dibuat dengan menggunakan plyurethane, aluminium foil serta glass wool. Jangan lupa guna menambahkan skylight supaya loteng kita tetap terang ketika siang hari.

Pilihan Kamar Loteng Kayu Kreatif – Kamar Loteng Kayu

Semacam Virtual Tour Kamar Loteng
Semacam Virtual Tour Kamar Loteng | Kamar Loteng Kayu

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *