Komputer Tercepat di Dunia Dibekali Prosessor Amd Dengan Data Frontier 1,1 ExaFlops

Komputer Tercepat di Dunia Dibekali Prosessor Amd Dengan Data Frontier 1,1 ExaFlops

Diposting pada 160 views

Komputer Tercepat di Dunia Dengan Prosessor Amd Dengan Data Frontier 1,1 ExaFlops – Predikat komputer tercepat didunia bernama frontier ini kembali di miliki oleh negara adidaya amerika serikat. Pasalnya komputer tercanggih dan tercepat itu di buat oleh amerika dan dinobatkan sebagai supercomputer tercepat didunia dengan versi Top500 dengan kecepatan Data Frontier mencapai 1,1 ExaFlops.

Dikabarkan Frontier ini dirancang oleh institusi prestise Oak Ridge National Laboratory atau disingkat ORNL. Sponsorterbesar di berikan oleh Departemen Energi Amerika Serikat. ORNL juga ini merupakan supercomputer keempat yang dinobatkan tercepat di dunia dengan versi TOP500. Disebut sebagai supercomputer nomor satu di dunia ini, Ternyata Frontier yang memiliki ukuran hingga 680 meter persegi ini dibekali prosessor dengan chip bikinan AMD (Advanced Micro Devices).

Komputer Tercepat di Dunia Dibekali Prosessor Amd Dengan Data Frontier 1,1 ExaFlops

CPU Frontier dilengkapi dengan 1 HPC (High Performance Computing) AMD Optimized 3rd Generation EPYC 64C 2GHz. Kemudian dibekali juga dengan VGA AMD Instinct MI250X dengan memori  1 exabyte. Memang sangat luar biasa Proyek superkomputer Frontier ini. Nilai superkomputer Frontier ini adalah 600 juta dollar AS atau jika kita rupiahkan sekitar Rp 8,7 triliun. Dikabarkan frontier ini digadang gadang akan digunakan untuk pembelajaran mendalam (deep learning), pembelajaran mesin (machine learning), dan analisis data untuk aplikasi mulai dari manufaktur hingga kesehatan manusia.

Kemampuan Frontier dalam angka Dalam daftar TOP500 edisi ke-59 untuk bulan Juni 2022, Frontier dinobatkan sebagai mesin Exascale “sesungguhnya” pertama di dunia. Karena superkomputer ini berhasil mendapatkan skor mencapai 1,1 ExaFlops (1 exa floating point operations per second).

Artinya, kemampuan olah data yang dapat dilakukan Frontier mencapai satu quintillion kalkulasi per detik. Satu quintillion atau 1.000.000.000.000.000.000 setara dengan satu miliar miliar. Ibaratnya, jika setiap manusia di muka bumi melakukan kalkulasi selama 24 jam sehari, maka akan membutuhkan waktu lebih dari 1.460 hari (4 tahun) untuk bisa menyamai kemampuan kalkulasi superkomputer Frontier yang hanya membutuhkan waktu satu detik.

Keahlian Frontier dalam angka Dalam catatan TOP500 edisi ke- 59 buat bulan Juni 2022, Frontier dinobatkan selaku mesin Exascale” sebetulnya” awal di dunia. Sebab superkomputer ini sukses memperoleh skor menggapai 1, 1 ExaFlops( 1 exa floating tingkat operations per second).

Maksudnya, keahlian olah knowledge yang bisa dicoba Frontier menggapai satu quintillion kalkulasi per detik. Satu quintillion ataupun 1. 000. 000. 000. 000. 000. 000 setara dengan satu miliyar miliyar. Ibaratnya, bila tiap manusia di muka bumi melaksanakan kalkulasi sepanjang 24 jam satu hari, hingga hendak memerlukan waktu lebih dari 1. 460 hari( four tahun) buat dapat menyerupai keahlian kalkulasi superkomputer Frontier yang cuma memerlukan waktu satu detik. 

Keahlian olah knowledge Frontier tercatat menggapai puncaknya, ialah diangka 1, 69 ExaFlops. Keahlian ini diucap masih dapat ditingkatkan jadi 2 ExaFlops dengan konfigurasi lebih lanjut. Keahlian olah knowledge yang sangat kilat itu, tidak ayal, membuat Frontier tampak selaku supercomputer tercepat di dunia buat dikala ini.

Lebih dahulu, predikat supercomputer no satu di dunia dalam catatan TOP500 dipegang oleh Fugaku dari Jepang. Fugaku menyandang gelar supercomputer tercepat sepanjang 2 tahun berturut- turut( 2020- 2021). Ada pula skor benchmark Fugaku merupakan 442 PetaFlops.

Ini membuat Fugaku bisa melaksanakan olah knowledge 442 quadrillion kalkulasi per detik. Catatan TOP500 sendiri memanglah sepanjang ini jadi acuan buat mengenali supercomputer tercepat di dunia. Semenjak 1993, TOP500 giat berikan peringkat serta merinci 500 superkomputer terkuat di dunia sebanyak 2 kali masing- masing tahunnya.

Sistem AI tercepat di dunia Frontier pula dilaporkan mempunyai sistem kecerdasan buatan( synthetic intelligence/ AI) tercepat di dunia dengan kecepatan 6, 88 ExaFlops. Ini setara dengan 68 juta instruksi per detik buat tiap- tiap dari 86 miliyar neuron di otak.

Sistem Frontier bisa menciptakan 52, 23 GigaFlops per watt sembari komsumsi energi 21, 1 megawatt( MW) sepanjang melaksanakan benchmark. Pada pemakaian puncak, Frontier komsumsi 29 MW.

Nah guys, seperti itu postingan tentang komputer Tercepat di Dunia Dengan Prosessor Amd Dengan Informasi Frontier 1, 1 ExaFlops. Mudah- mudahan dapat jadi pengetahuan yang berguna buat kamu. Jangan kurang ingat share postingan ini serta ikuti social media adseneca disini. Terimakasih telah berkunjung.