Inspirasi Ruang Tamu Kecil Fungsional

  • Whatsapp

RUMAH Direktur Utama Mandiri Tunas Finance Ignatius Susatyo Wijoyo merupakan impian dan obsesinya sekitar ini. Bukan lokasi tinggal besar layaknya istana dengan empang renang di dalamnya. Namun, melulu rumah dua lantai minimalis dengan pendopo besar di sebelahnya.

Gambar Contoh Cat Ruang Tamu Kecil Modern  Room color combination
Gambar Contoh Cat Ruang Tamu Kecil Modern Room color combination | Ruang Tamu Kecil

Tetapi, terdapat satu urusan spesial yang menciptakan impiannya terwujud. Disebutnya, dirinya dulu bermukim di lokasi tinggal yang sempit.

Bacaan Lainnya

“Dulu saya bermukim di dusun sekitar Pasar Minggu. Bapak saya buruh pabrik enggak punya rumah. Depan lokasi tinggal kontrakan kecil kami di tengah perkampungan tiba-tiba di bina rumah. Kami seluruh stres sebab enggak terdapat cahaya, enggak terdapat jalan, pokoknya sumpek. Saya bertekad akan banting tulang dan punya lokasi tinggal yang depannya tidak bakal dibangun lokasi tinggal lagi,” tutur lelaki yang akrab disapa Susatyo ini.

Kini lokasi tinggal yang diidamkan juga tercapai. Berpuluh tahun kemudian, buah banting tulang dan impiannya membina rumah yang diharapkan terwujud. Tepat di depan rumahnya suatu danau, dengan kata lain tidak bakal pernah terdapat bangunan apa juga di depan kediamannya.

Desain Dekorasi Ruang Tamu Kecil Ikea  Ruang keluarga minimalis
Desain Dekorasi Ruang Tamu Kecil Ikea Ruang keluarga minimalis | Ruang Tamu Kecil

Cahaya matahari juga bebas masuk, semilir angin tidak jarang kali berembus menciptakan sejuk karena tidak sedikit pepohonan di dekat danau. Rumah ini pun merupakan gambaran Susatyo, yakni sosok pemimpin yang terbuka, hangat, dan cinta keluarga. Di sebelah lokasi tinggal utama ada kavling kosong yang sudah satu tahun terakhir ini didirikan suatu pendopo berukuran besar.

Kayu-kayu yang tersusun menyusun pendopo ini terdiri dari kayu jati lama. Usianya telah ratusan tahun semenjak 1939 asal Wonogiri. Tidak jauh memang bapak dua putri ini menemukan kayu-kayu yang telah berbentuk pendopo itu. Setelah mencari-cari sampai Solo, Kudus, dan Yogyakarta, ternyata terdapat yang jual di dekat Jakarta.

“Saya memang inginkan kayu lama sebab lebih powerful dan terdapat nilai sejarahnya,” tandasnya.

Ruang Tamu Kecil Bergaya Klasik Vintage  Desain interior, Ide
Ruang Tamu Kecil Bergaya Klasik Vintage Desain interior, Ide | Ruang Tamu Kecil

Pendopo ini menjadi ruang tamu kedua, bahkan ruang tamu utama di lokasi tinggal yang bertempat di Cibubur ini. “Ruang tamu di rumah justeru jarang tersentuh sebab tamu seluruh saya temui di sini,” ujarnya.

Bukan melulu tamu, bahkan pendopo ini pun kerap dipakai untuk rapat direksi, keluarga gathering sejumlah karyawan, senam, dan arisan teman-teman istri, rekan anak-anaknya, sampai rapat satpam kompleks.

Pendopo juga sudah menyeluruh dengan tidak sedikit kursi, TV, kulkas, pun dapur, sampai-sampai segala kegiatan di pendopo tidak mengganggu pekerjaan di lokasi tinggal utama. “Pernah 200 orang ke sini, mobil hingga parkir panjang sekali. Rapat RT dan satpam pun minta di sini hingga ada yang inginkan nyewa guna acara lamaran, ha..ha..ha, “ ucapnya.

5 Inspirasi Ruang Tamu Kecil Terlihat Luas + Tips!
5 Inspirasi Ruang Tamu Kecil Terlihat Luas + Tips! | Ruang Tamu Kecil

Dua kaveling oleh Susatyo dijadikan satu sampai-sampai total luas tanah rumahnya menjadi 800 m2. Kaveling baru di samping rumahnya mengandung taman, empang ikan di pojokan, pun pendopo dengan ukuran 12 x 12 m. Di tengah antara pendopo dan lokasi tinggal utama ada kamar asisten lokasi tinggal tangga dan supir. Rumah utama seluas 350 m2 tersebut berkonsep minimalis dua lantai.

Ruangan sangat depan merupakan ruang tamu kecil yang jarang ditempati. Ruang keluarga, ruang makan, pun dapur didesain tanpa sekat. Kolam ikan dan taman mini juga menjadi pemandangan estetis lainnya di lokasi tinggal ini, meskipun berada di lokasi belakang. Di lantai atas terdiri dari tiga kamar istirahat milik sang pemilik rumah.

Ada pun tempat kumpul family di balkon yang ada pendopo kecil dan kebun hidroponik. Susatyo menyatakan senang bercocok tanam secara hidroponik mengekor jejak sang mertua. “Kami tidak jarang panen, dimakan langsung atau bawa ke kantor guna dibagi-bagi,” ujarnya sembari mencukur selada.

Desain Ruang Tamu Kecil Desain Ruang Tamu Minimalis  Dekorasi
Desain Ruang Tamu Kecil Desain Ruang Tamu Minimalis Dekorasi | Ruang Tamu Kecil

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *