Pilihan Dapur Sehat Sederhana Unik

Diposting pada 943 views

Di lokasi ini, dari mana ilmu Taichi berasal, nuansa kesederhanaan masih terasa kental sekali juga begitu tidak sedikit orang asing hadir sebagai siswa dari beragam penjuru dunia.

MEMBUAT DAPUR SEDERHANA, SEHAT DAN BERSIH
MEMBUAT DAPUR SEDERHANA, SEHAT DAN BERSIH | Dapur Sehat Sederhana
3 Desain Dapur Kecil Minimalis Sederhana 3×3 m  Ndik Home
3 Desain Dapur Kecil Minimalis Sederhana 3×3 m Ndik Home | Dapur Sehat Sederhana

Negeri empat musim ini tak pelak menghasilkan gandum. Terbukti tepat di depan jendela kamar terhampar ladang gandum sejauh mata memandang.

Selain melatih taichi semenjak jaman leluhurnya, sang suhu pun petani lasak pemegang nilai-nilai tradisional yang tak pernah melewatkan makan bareng dengan anak cucu masing-masing harinya di meja pendek, berkursi pendek-pendek seukuran cucu balitanya.

Kembali ke ‘peradaban yang sesungguhnya’, menciptakan saya merenung banyak. Di sini, seluruh orang bekerja keras, harafiah secara fisik. Kulit menghitam entah bertani atau dampak taichi di bawah matahari.

Tanpa jasa bersih-bersih ala hotel berbintang, kami menyapu, mengepel, menghabiskan kamar mandi, sampai menyuci sendiri. Semua nampak sibuk, bahkan dapur umum tidak jarang kali ngebul dari subuh sampai makan malam usai.

aneka model dapur dan kamar mandi minimalis, murah dan simpel
aneka model dapur dan kamar mandi minimalis, murah dan simpel | Dapur Sehat Sederhana

Semua tercukupi dengan melulu makan sehari tiga kali, yang paling sederhana. Tidak terdapat istilah rehat kopi lagipula snacking. Terlalu mewah, terlampau foya-foya.

Kelaparan? Pastinya tidak. Mereka dan kami tampak amat sehat. Nampak berpinggang dengan punggung rata, kaki kokoh dan dada bidang.

Ada rahasia makanan tertentu? Ramuan herbal ajaib? Sama sekali tidak. Karena pekerja keras, setiap santap selalu terdapat bakpau kosong dikenal sebagai mantau yang gampang bantat andai kena udara dingin – tampilannya tidak boleh dikira putih lembut laksana bakpau di mall, tetapi kusam kekuningan dengan bau ragi yang masih kentara.

Begitu pula rupa nasi yang melulu muncul dua kali sehari – terdapat orang yang terkadang malah mengejar kerak kecoklatannya di dasar langseng.

Anehnya, seluruh orang santap lahap bersanding sup encer dan dua jenis lauk. Yang sangat sering muncul malah ketimun. Dari diciptakan acar sampai diserut sebagai gabungan sup bareng jamur kuping dan kocokan telur.

Tahu nyaris selalu terdapat dengan cincang daging yang nyaris tidak cukup dari sesendok santap dalam satu baskom irisan tahu serta daun bawang dan satu baskom beda mengandung sayuran. Tidak terdapat jamu lagipula minuman rempah ajaib.

“Warung besar” terdekat dari lokasi saya tinggal, perlu ditempuh dengan jalan kaki sejauh 2 kilometer. Perjalanan tersebut wajib ditempuh demi buah dan sayuran segar. Jangan salah, bukan berarti mereka tidak punya mobil.

Jalan raya juga mulus tak berlubang. Tapi, berlangsung kaki dengan jalur pejalan kaki yang nyaman telah adalah budaya.

Tinggalkan Balasan