Model Cara Menata Ruang Tengah Kreatif

Diposting pada 555 views

Belakangan feng shui kerap dipakai para empunya rumah guna menilai tata letak bangunan dan isinya. Fengshui meyakini manusia, astronomi, dan bumi bisa hidup dalam harmoni untuk menolong memperbaiki kehidupan dengan menerima kekuatan alam yaitu Qi.

3 Tips Cara Menata Ruang Tamu yang Sempit, Paling Mudah Nomor 3
3 Tips Cara Menata Ruang Tamu yang Sempit, Paling Mudah Nomor 3 | Cara Menata Ruang Tengah

Kekuatan alam itu mempunyai sifat positif dan negatif serta berperan urgen terhadap kualitas feng shui sebuah tempat. Qi sendiri mengacu pada energi dan kekuatan yang hidup. Sementara feng shui tradisional menyinggung Qi merangkum orientasi struktur, usia, lingkungan, kemiringan, vegetasi, sampai kualitas tanah.

Tujuan pemakaian feng shui tak lain guna meyakinkan lokasi tinggal dibangun dengan Qi yang baik dengan faktor-faktor tempat dan sumbu masa-masa yang mempengaruhinya.

Menyoal cermin rumah, menurut keterangan dari ilmu topografi kuno China tersebut, cermin di semua ruangan tersebut penting sebab tak sekadar menjadi aksesori di dalam rumah. Beberapa pendapat melafalkan bahwa fengshui memandang cermin sebagai benda yang bisa menyerap Qi.

Arsitek fenghsui Sidhi Wiguna mengungkapkan dalam feng shui cermin umumnya dipakai untuk memantulkan bentuk-bentuk negatif. Oleh karena itu seringkali diletakkan di depan pintu lokasi tinggal guna mencegah energi buruk itu.

Ide Dekorasi Ruang Tamu Minimalis  Ide ruang keluarga, Desain
Ide Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Ide ruang keluarga, Desain | Cara Menata Ruang Tengah

Namun, Sidhi tidak menganut aliran itu. Untuk dia, penempatan cermin lokasi tinggal harus mengedepankan pada desain ruang lokasi tinggal sehingga membuat energi positif. Sebab cermin hanyalah benda mati yang tak mesti diperlakukan layaknya jimat-jimat pembawa keberuntungan.

“Feng shui tersebut matematis bukan klenik, malah kami mencoba mencegah pendapat-pendapat yang menunjukkan feng shui pada klenik.” ujarnya.

Meskipun demikian, dalam feng shui tidak menganjurkan untuk membubuhkan cermin yang langsung memantul ke arah pintu utama. Alasannya energi-energi positif bakal terpantul sampai-sampai tidak masuk ke dalam rumah. Karena tersebut baiknya cermin di taruh di ruang family dan tidak memantulkan ke pintu utama.

Sementara cermin di kamar tidur dianjurkan pula sebab memantulkan tubuh empunya rumah saat berada di ranjang. Perihal itu, Sidhi menuliskan cermin yang memantulkan tubuh di atas ranjang akan meminimalisir energi positif saat bangun tidur.

Model Pintu Utama Ruang Tamu  Desain ruang tamu, Ruang keluarga
Model Pintu Utama Ruang Tamu Desain ruang tamu, Ruang keluarga | Cara Menata Ruang Tengah

Solusinya cermin dapat diletakkan di ruang eksklusif yang mengandung lemari pakaian dan cermin. Sidhi biasa mendesain ruang kamar tidur, ruang lemari mengandung pakaian dan kaca, serta toilet yang saling terhubung.

“Kalau ditaruh di langit-langit apa lagi paling tidak disarankan, bila jatuh bakal membahayakan orang di bawahnya,” ujarnya.

Kemudian soal cermin dapat diletakkan di ruang makan. Sebagian pendapat menyatakan andai cermin diletakkan di ruang santap maka akan memperbanyak makanan yang menyimbolkan berlipatnya rejeki.

Tetapi Sidhi punya pandangan lain, cermin di ruang makan malah memunculkan energi negatif. Hal tersebut karena saat makanan berakhir maka bakal terpantul piring-piring kosong dan sisa-sisa makanan, simbol dari energi negatif.

alaikabloc: (Tips Unik) Menata Ruang Tamu Agar Terlihat Luas dan
alaikabloc: (Tips Unik) Menata Ruang Tamu Agar Terlihat Luas dan | Cara Menata Ruang Tengah

“Kalau dinamakan gandakan rejeki saya tidak setuju sebab setelah santap piring-piring kosong yang bakal terpantul cermin,” ujarnya.

Selebihnya, Sidhi mengungkapkan cermin usahakan tidak memantulkan benda-benda yang merangsang energi negatif. Benda yang dimaksud tidak enak di pandang laksana benda-benda berbentuk tajam. Sidhi tak merinci pernik-pernik itu, sebab menurut keterangan dari dia tiap orang punya pandangan tersendiri soal benda pemicu energi negatif tersebut.

“Kami seringkali menata cermin supaya ruangan tampak lebih luas. Selain tersebut feng shui tak memberi aturan soal ukuran cermin lantaran soal desain dibalikkan ke selera pemiliknya,” ujarnya, Rabu (18/5/2016).

Sidhi senantiasa mengedepankan pengaturan bangunan untuk menyerahkan efek positif untuk pemiliknya. Tata bangunan yang menggabungkan prinsip feng shui dan arsitektur dengan tepat dapat membuat ruang efektif, efisien, dan estetis. Tak sekedar itu, penghuni pun dapat menjalankan hidup optimal cocok dengan prinsip-prinsip bangunanya.

3 Cara Menata Ruang Tamu Dengan Dana Terbatas  Azzam Studio
3 Cara Menata Ruang Tamu Dengan Dana Terbatas Azzam Studio | Cara Menata Ruang Tengah

Setelah memahami cermin dalam pandangan feng shui, tak salah andai Anda mengupayakan memanfaatkan cermin dengan memakai pendekatan ilmu dari China tersebut. Selamat mencoba!

Simak berita lainnya seputar topik tulisan ini, di sini :

Model Cara Menata Ruang Tengah Kreatif – Cara Menata Ruang Tengah

Dekorasi Ruang Tamu Kecil - Costa Botes
Dekorasi Ruang Tamu Kecil – Costa Botes | Cara Menata Ruang Tengah
Tips Menata Ruang Tamu Terlihat Semakin Cantik - Penjaga Rumah
Tips Menata Ruang Tamu Terlihat Semakin Cantik – Penjaga Rumah | Cara Menata Ruang Tengah
3 Cara Menata Ruang Tamu Dengan Dana Terbatas  Azzam Studio
3 Cara Menata Ruang Tamu Dengan Dana Terbatas Azzam Studio | Cara Menata Ruang Tengah
Cara Menata Ruang Tamu Minimalis - SERBA TUTORIAL
Cara Menata Ruang Tamu Minimalis – SERBA TUTORIAL | Cara Menata Ruang Tengah

Tinggalkan Balasan