Inspirasi Ruang Tamu Serba Hijau Kreatif

Diposting pada 460 views

Media Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai memakai gedung barunya semenjak (6/2) lalu. Gedung dengan disain berwarna merah putih di sisi kiri dan kanan ini sedang di jalan Kuningan Mulia, Guntur, Setia Budi, Jakarta Selatan.

Desain Ruang Tamu Serba Hijau  Green walls living room, Green
Desain Ruang Tamu Serba Hijau Green walls living room, Green | Ruang Tamu Serba Hijau

Di gedung yang baru ini, tidak seluruh pegawai menemukan akses yang sama. Akses gedung terbagi menjadi warna merah yang sedang di lantai satu, dua, 14, dan 15. Sedangkan warna hijau GF, dan warna kuning di lantai B1, B2, 3 sampai 13, serta lantai 16.

Warna merah dengan kata lain ruangan-ruangan hanya dapat dimasuki oleh kalangan terbatas, contohnya ruang pemeriksaan. Sedangkan warna kuning khusus guna pegawai KPK, dan warna hijau untuk visitor.

“ID pun ada tandanya merah, hijau, kuning. Jadi engga seluruh orang dapat masuk, contohnya ke ruangan saya pun engga seluruh orang,” kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang di gedung KPK, Jalan Kuningan Mulia, Jakarta Selatan, Ahad (19/2).

Dengan luas bangunan utama seluas 16.714 meter persegi, bangunan ini terdiri dari 16 lantai. Lantai kesatu di unsur depan gedung ini mengandung tujuh ruangan guna laporan harta kekayaan pelaksana negara (LHKPN), humas, dan ruang verifikasi.

5 Inspirasi Ruang Tamu Hijau untuk Desain Minimalis hingga Klasik
5 Inspirasi Ruang Tamu Hijau untuk Desain Minimalis hingga Klasik | Ruang Tamu Serba Hijau

Saut bareng Kabiro Humas KPK Febri Diansyah menemani semua awak media mengingat sebanyak 72 ruang pemeriksaan. Ruangan pengecekan ini sedang di lantai dua gedung KPK.

Ada yang memisahkan di sini dengan gedung lama KPK. Di gedung baru, KPK membagi ruang guna terperiksa dan saksi yang dibedakan. Di ruang terperiksa sedang di kanan gedung dan ruang pengecekan saksi sedang di kiri gedung.

Sebelum mengarah ke ruang pemeriksaan, mereka bakal lebih dulu menantikan antrean panggilan di ruang tunggu. Dari ruang tunggu, mereka bakal dipanggil mengarah ke nomor ruang pengecekan yang sudah disebutkan.

Di dalam ruang pengecekan pun terbagi menjadi dua ruangan, yakni untuk mereka yang terperiksa maka sedang di dalam bareng penyidik sementara penasehat hukumnya sedang di ruang luar. Yang menarik di sini, ialah pembagian ruangan memakai pembatas kaca satu arah. Penasihat hukum baru dapat melihat kliennya yang tengah diperiksa bilamana lampu di lokasinya dimatikan.

5 Inspirasi Ruang Tamu Hijau untuk Desain Minimalis hingga Klasik
5 Inspirasi Ruang Tamu Hijau untuk Desain Minimalis hingga Klasik | Ruang Tamu Serba Hijau

Di dalam ruang pengecekan berukuran 2,5×2,5 meter ini, ada meja, kursi, CCTV, perangkat perekam audio, dan video. Sedangkan di ruang penasehat hukum seluas 1,4 x2,5 meter, nantinya melulu akan disediakan kursi.

Menuju lantai tiga, dipenuhi oleh ruang pegawai, kantin, dan poliklinik serta dihubungkan oleh jembatan mengarah ke gedung auditorium dan pun tempat ibadah. Selanjutnya, ditunjukkan juga ruang semua staf yang sedang di lantai 5. Di lantai lima ini, ialah ruang Kabiro Humas KPK beserta timnya. Dengan empat ruang berkaca dan satu ruangan luas sedang di tengah-tengah.

Kemudian, Saut menyuruh para awak media mengarah ke lantai 16. Lantai 16 ini masih berupa lapangan luas yang beberapa telah dilangsungkan sajadah dan beberapa lagi masih kosong. Lantai 16 ini, nantinya akan dipakai sebagai ruang serbaguna KPK, termasuk andai ada acara pengangkatan dan trafik tamu undangan.

Berdasarkan keterangan dari Saut, tidak terdapat perbedaan secara eksklusif antara gedung lama dan baru. Yang tentu kata dia, yang membedakan ialah tingkat keamana dan pun kenyamanan. Semua itu disaksikan dari, akses masuk yang berbeda, kamera CCTV nyaris di masing-masing ruang dan lorong. “Perbedaan yang sangat umum di sini lebih secure, tahanan lebih aman terintegrasi pun dengan ruang penyidiknya, teknologi keamanannya,” kata dia.

5 Contoh Desain Ruang Tamu Serba Hijau Yang Bisa Anda Contoh
5 Contoh Desain Ruang Tamu Serba Hijau Yang Bisa Anda Contoh | Ruang Tamu Serba Hijau

Sedangkan kenyamanan, lanjut Saut pasti saja bertolak belakang karena luasnya bisa menghindari tumpukan barang di sana-sini. Kemudian diperbanyak juga dengan rencana untuk menciptakan ruangan penyidik dilengakapi dengan musik,” kata dia. “Jangan salah, jadi penyidik tersebut stres loh, jadi bila ada musiknya kan enak, jas..jess..jas,” kata dia tidak banyak melantunkan buaian musik.

Akan tetapi tidak banyak kekurangannya, Saut tidak banyak merasa cemas tentang transparannya ruang kerja dengan gedung-gedung di sekitarnya. Bisa saja kata dia, ketika pegawai sedang sibuk bekarja kemudian ada oknum badung yang tengah meneropong dari gedung sebelah. “Dari ruangan lebih enak, cahaya lebih banyak, namun tetap mesti waspada. Lagi ngetik dapat dilihat orang gunakan teropong dari hotel,” kata dia.

Inspirasi Ruang Tamu Serba Hijau Kreatif – Ruang Tamu Serba Hijau

Interior Ruang Tamu Serba Hijau
Interior Ruang Tamu Serba Hijau | Ruang Tamu Serba Hijau

Tinggalkan Balasan