Desain Peralatan Di Dapur Kreatif

Diposting pada 875 views

NUNUKAN, Media – Ratusan saudagar peralatan lokasi tinggal tangga di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, mengisi Jalan Tanjung guna menggelar barang-barang mereka, Selasa (11/10/2016).

COP PERALATAN DAPUR (3 PCS)
COP PERALATAN DAPUR (3 PCS) | Peralatan Di Dapur
Alatan Di Dapur
Alatan Di Dapur | Peralatan Di Dapur

Hari ini adalah Hari Asyura atau hari kesepuluh pada bulan Muharam di mana melakukan pembelian peralatan dapur menjadi tradisi untuk warga setempat.

Pedagang memanfaatkan momentum tersebut dengan melangsungkan lapak di sepanjang Jalan Tanjung. Hampir setengah jalan dipakai untuk berjualan sampai-sampai arus lalulintas menjadi macet.

Peralatan Dapur dan Rumah Tangga - Thekitchentrends
Peralatan Dapur dan Rumah Tangga – Thekitchentrends | Peralatan Di Dapur

“Tidak ada pengumuman maupun izin pedagang memblokir jalan. Kita berlakukan satu arah biar tidak macet,” kata Kepala Polsek Nunukan Kota AKP Muhammad Sholeh Wahidi, Selasa (11/10/2016).

Warga Kabupaten Nunukan mempunyai tradisi memborong keperluan rumah tangga, laksana ember, gayung, dan kebutuhan rumah tangga lain, masing-masing tanggal 10 Muharam.

Mereka berkeyakinan bahwa membeli keperluan alat lokasi tinggal tangga pada tanggal tersebut akan membawa berkah, selain pun awet.

Salah satu penduduk Nunukan, Nancy, memperhitungkan lebih dari Rp 400.000 untuk melakukan pembelian peralatan dapur.

“Percaya enggak percaya, kami memuliakan tradisi dari orangtua,” ujarnya.

Tradisi serupa juga dilaksanakan di Kota Parepare, Sulawesi Selatan. Warga menyerbu pasar tradisional Lakessi guna berburu perlengkapan dapur.

Tinggalkan Balasan