Pilihan Dapur Luar Ruangan Fungsional

Diposting pada 873 views

“Dapur sehat, (kriteria) kesatu, pastikan mesti terdapat sirkulasi udara luar masuk ke dalam,” ungkap Dina untuk Media di Jakarta, Jumat (8/10/2011) lalu.

dapur minimalis keren kece instagram  Dapur luar ruangan, Luar
dapur minimalis keren kece instagram Dapur luar ruangan, Luar | Dapur Luar Ruangan
Desain Atap Dapur di 3  Ide dekorasi rumah, Dapur luar ruangan
Desain Atap Dapur di 3 Ide dekorasi rumah, Dapur luar ruangan | Dapur Luar Ruangan

“Karena apa? Baik bau, asap, ataupun gas itu riskan jika melulu berkutat di dalam ruangan. Atau, dominan buruk untuk kesehatan dan ketenteraman pemilik rumah. Jadi, mesti punya akses ke luar (rumah),” ucap Dina.

Oleh karena itu, penempatan dapur baik di depan dan belakang rumah, mesti dekat dengan akses ke luar rumah. Dapur tidak dapat berada di ruang tertutup. Apalagi, dengan pemakaian gas sebagai sumber energi guna memasak yang rentan terhadap kebakaran, menjadi satu urusan yang urgen untuk dipertimbangkan. Dengan letaknya dekat dengan luar rumah, lanjut Dina, maka menjadi ekstra tersendiri untuk pemilik rumah saat sedang memasak.

Desain Dapur Luar Rumah Sederhana di Halaman Belakang - Harapan
Desain Dapur Luar Rumah Sederhana di Halaman Belakang – Harapan | Dapur Luar Ruangan

“Di samping itu, bila kita (punya) view terbit lebih bagus. Jadi, di samping sirkulasi udara, bila dia punya jendela terbit lebih bagus. Jadi, orang yang bekerja di dapur dapat tahu pergerakan (hari apakah) telah siang atau belum,” jelasnya.

Nah, di samping kedua kriteria tersebut, kesucian dapur pun tak dapat luput dari perhatian empunya rumah. Salah satu yang butuh diperhatikan ialah bahan unsur atas meja guna meracik masakan itu. Dina berpendapat, lebih aman dan nyaman, andai menggunakan bahan dari marmer atau batu alam yang pori-porinya kecil.

“Atau, kini trennya solid surface atau artificial marmer,” ungkap Dina.

Pokoknya, tidak boleh pilih atau pakai kayu sebab lapisannya berpori. Selanjutnya, warna dinding dapur juga harus terang. Ini mesti dilaksanakan supaya unsur yang kotor di dapur juga terlihat jelas.

“Malah tidak boleh pilih yang gelap, lagipula kalau dapur basah. Kalau dapur kering masih oke. Tapi bila dapur basah mesti terang, ini agar (bagian) yang kotor dapat terlihat,” kata dia.

Pada dapur, empunya rumah pun perlu memerhatikan ergonomis guna kesehatan. Maksudnya, tidak boleh sampai orang yang bekerja di dapur tidak sedikit terlalu “bongkok” untuk memungut peralatan memasak, ataupun sampai mencapai terlalu tinggi. Terhadap urusan ini, Dina menyampaikan, sebetulnya sudah tidak sedikit peralatan dapur yang dapat memerhatikan ergonomis pemakainya.

Tinggalkan Balasan