Pilihan Biaya Membangun Kamar Mandi Sederhana

Posted on

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

4 Desain Kamar Mandi Sederhana dan Murah  Ndik Home
4 Desain Kamar Mandi Sederhana dan Murah Ndik Home | Biaya Membangun Kamar Mandi
Rencana Anggaran Biaya Kamar Mandi
Rencana Anggaran Biaya Kamar Mandi | Biaya Membangun Kamar Mandi
Desain Kamar Mandi Sederhana dan Murah Terbaru 4  Ndik Home
Desain Kamar Mandi Sederhana dan Murah Terbaru 4 Ndik Home | Biaya Membangun Kamar Mandi

Intiwhiz menghadirkan hotel kapsul kesatunya di Trawas, Mojokerto yang sah beroperasi semenjak Oktober 2017 lalu. Ada 100 kamar kapsul yang ditawarkan di sana dengan lebar setiap kapsul 2 m x 1,4 m dan elevasi 1,2 meter.

Di samping sebagai inovasi untuk menyerahkan pengalaman unik untuk para pengunjung, Intiwhiz tertarik mengembangkan hotel kapsul yang diberi nama Whiz Capsule guna menyiasati keterbatasan lahan dan meminimkan ongkos investasi.

“Di lahan 700 meter persegi (m2) saja saya sudah dapat bangun 100 kamar hotel kapsul, tetapi bila hotel seringkali untuk membina 100 kamar diperlukan paling tidak lahan seluas 5.000 m2,” kata Moejianto S Tjahjono, President Director, Sabtu (11/11) kemarin.

Bikin Kamar Mandi Mewah Ala Hotel Cuma Modal Rp4 Juta. Buktiin
Bikin Kamar Mandi Mewah Ala Hotel Cuma Modal Rp4 Juta. Buktiin | Biaya Membangun Kamar Mandi

Intiwhiz memilih membina hotel kapsul di Trawas sebab menurut keterangan dari Moeji konsep hotel laksana itu diperlukan disana. Dia bilang, keperluan kamar hotel di Trawas khususnya untuk melayani pasar bisnis masih paling besar sedangkan jumlah kamar yang dipunyai perusahaan di sana lewat hotel Grand Whiz melulu 74 kamar diperbanyak dengan enam unit villa

“Padahal bila ada yang traning sekali datang dapat ratusan. Dengan menyaksikan permintaaan ini, saya menyaksikan konsep kapsul sesuai dikembangkan di Trawas dengan desain futuristik, kedap dan sekaligus hemat.” jelas Moeji.

Seluruh kamar kapsul yang dikembangkan Intiwhiz ini diimpor langsung dari China. Satu ruang kapsul hanya dapat ditiduri oleh satu orang. Di dalam ruangan Capsule terdapat kemudahan pendukung demi menyokong kenyamanan tamu laksana Televisi, Earphone, Meja Baca, Pendingin Ruangan, dan dilengkapi dengan lampu baca.

Berdasarkan keterangan dari Moeji, teknologi yang dipakai di Whiz Capsule tersebut serupa seperti hotel kapsul yang telah tren di Jepang. Investasi yang digelontorkan Intiwhiz guna mengembangkan hotel ini melulu Rp 10 miliar. “Investasi tersebut telah termasuk propertinya dan teknologinya.” kata Moeji.

Dari 100 kamar yang ditawarkan, Iniwhiz memisahkan dalam dua bagian yakni 50 unit untuk wanita dan separuhnya lagi guna laki-laki. Hotel ini dilengkapi dengan loker sebagai lokasi penyimpanan barang untuk setiap penyewa kamar kapsul. Adapun kamar mandi dan toilet dikonsep laksana toilet umum.

Meskipun hotel kapsul sudah tak asing di luar negeri laksana Jepang, tetapi menurut keterangan dari Moeji tidak gampang untuk mengembangkan konsep itu di Indonesia sebab pasarnya memang belum besar. Oleh sebab itu, perusahaan melulu akan melakukan perluasan di segmen tersebut andai memang kebutuhannya ada.

Salah tempat yang menurut keterangan dari Intiwhiz berpotensi lagi guna pengembangan hotel kapsul ialah Bromo. Pasalnya, tidak sedikit pendaki ke gunung Bromo yang memerlukan penginapan dengan budget yang murah sebelum mengerjakan pendakian. Rencananya, Intiwhiz bakal mengoperasikan hotel kapsul di Bromo pada Desember 2017 mendatang. Akan dimulai sebanyak 80 kamar dengan estimasi investasi Rp 8 miliar.

Untuk tarif kamar guna hotel kapsul Trawas ditawarkan dengan harga Rp 250.000 per malam telah termasuk sarapan. “Kami optimistis dengan target persentasi tingkat hunian kamar atau market share sebesar 60% sampai 6 bulan ke depan yang mana persentasi terbesar dari total pangsa pasar ialah wisatawan.” tutur Edi Syumardi, Corporate GM Sales & Marketing Intiwhiz

Seperti diketahui, Intiwhiz ialah perusahaan jaringan hotel yang sudah berdiri semenjak 2010. Perusahaan ini adalah anak usaha PT Intiland Development Tbk (DILD) yang dipunyai lewat Intiland Invinita. Saat ini, DILD melulu mempunyai 30% saham Intiland Invinita.

Leave a Reply