Inspirasi Pembatas Ruang Tamu Minimalis Unik

Posted on

Awalnya ruang tamu ini difungsikan sebagai ruang penerima sedangkan tamu, tetapi seriring dengan pertumbuhan masyarakat dan meningkatnya kegiatan kebutuhan pada ruang tamu, dan diiringi dengan keterbatasan ruang dampak keterbatasan lahan pada rumah-rumah di perkotaan, maka ruang tamu ketika ini diperhatikan supaya dapat menyusun ruang tamu yang nyaman dan multifungsi.

3+ Model Penyekat Ruangan Bukan Dengan Tembok
3+ Model Penyekat Ruangan Bukan Dengan Tembok | Pembatas Ruang Tamu Minimalis
Partisi-Ruang-Tamu3.jpg (3×3)  Ide apartemen, Rumah, Ruang
Partisi-Ruang-Tamu3.jpg (3×3) Ide apartemen, Rumah, Ruang | Pembatas Ruang Tamu Minimalis

Roffie, pakar arsitektur Pontianak, menuliskan ruang tamu terdapat dua jenis, yaitu yang tersingkap dan tertutup. Pada lokasi tinggal atau bangunan tipe kecil, memanfaatkan teras sebagai ruang tamu bisa dijadikan olusi. Sifat ruang tamu ini paling terbuka, sampai-sampai memungkinkan bermanfaat sebagai ruang tamu, ruang santai maupun ruang berkumpul dengan masyarakat selama rumah.

Hal ini dapat dilaksanakan saat perencanaan atau telah disiapkan, yaitu menciptakan ruang yang besar pada teras hingga lumayan untuk menampung orang yang datang berkunjung.

“Pada bangunan yang telah terbangun dapat mengerjakan rehabilitasi atau perbaikan dengan menggabungkan teras yang telah ada dengan ruang tamu, tanpa adanya pembatas dinding dan diganti dengan dinding transparan maka ruang bakal terkesan luas dan nyaman,” ujarnya.

Partisi pembatas ruangan - Jual partisi minimalis 3 di kediri -
Partisi pembatas ruangan – Jual partisi minimalis 3 di kediri – | Pembatas Ruang Tamu Minimalis

Dikatakannya, ruang tamu tertutup lazimnya terjadi pada lokasi tinggal di perkotaan dengan rata-rata dimensi selama 3×3 meter, urusan ini disebabkan lahan yang terdapat terbatas sehingga memprovokasi rumah menjadi tipe kecil.

“Hal itu tidak menciptakan sebuah ruangan menjadi yang baik secara kualitas kenyamanan dan visual. Ruang tamu didalam kecenderungan mempunyai sifat semi publik atau tidak banyak tertutup, karena seringkali keinginan empunya rumah yang mengharapkan ruang tamu tamu yang mempunyai nilai privasi,” terangnya.

Kurangi Perabotan Tak Terpakai
Dalam mengatur ruang tamu ada sejumlah hal yang butuh diperhatikan, kesatu maksimalkan ruangan rumah. Cara ini bertujuan untuk menciptakan ruangan yang lumayan sempit menjadi ruangan yang lebih banyak dan paling minimalis.

Setelah itu usahakanlah mengurangi sejumlah perabotan lokasi tinggal tangga yang telah tidak di pakai seperti furniture atau kursi yang telah tidak pantas pakai, sebab ruang tamu yang minimalis ialah ruang tamu yang tidak banyak perabotan lokasi tinggal tangga. “Dengan meminimalisir perabotan lokasi tinggal tangga yang telah tidak pantas untuk dipakai, maka bakal tercipta keadaan ruang tamu yang luas dan minimalis,” ujarnya.

Kemudian dalam memilih warna furnitur ruang tamu mesti mempunyai warna yang harmonis dan format yang minimalis. Warna yang umum digunakanan ialah yang berwarna kayu atau warna cokelat, sebab warna itu akan membuat suasana ruang tamu yang estetis dan alami.

Selanjutnya dengan melakukan hiasan sederhana pada dekorasi dinding ruang tamu dengan meluangkan hiasan-hiasan dinding yang simpel dan minimalis, sebab pada dasarnya ialah untuk meminimalis dagangan yang tidak diperlukan.

“Bisa dengan menempatkan hiasan-hiasan dinding laksana lukisan, jam dinding, dan kaligrafi, memang teknik ini paling sederhana tetapi akan terlihat paling indah bilamana di lakukan di dalam ruang tamu,” jelasnya.

Di samping itu, untuk menyerahkan kesan luas dipakai pembatas ruang dalam dengan memakai dinding transparan atau tidak penuh, dapat juga memakai pembatas yang bermanfaat sebagai lemari dan akuarium. Hal ini guna mengoptimalkan semua bagian yang ada pada ruang tamu.

Terakhir dengan memasang cermin pada ruang yang kecil akan menyerahkan kesan luas sebab pantulan obyek pada cermin, perletakan cermin ini bisa berdiri sendiri atau sebagai bagaian furniture yang telah ada.

Leave a Reply