Gaya Dapur Taman Kreatif

Diposting pada 1.636 views

Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Havid Vebri

Mengulas balik soal ruang makan yg semi outdoor ini Ruangan ini
Mengulas balik soal ruang makan yg semi outdoor ini Ruangan ini | Dapur Taman

JAKARTA. Semua orang tentu sudah tidak asing dengan cokelat. Banyak sekali makanan dan minuman yang disajikan dengan berbahan dasar cokelat. Salah satu gerai cokelat ternama di Ibukota ialah Dapur Cokelat. Berdiri semenjak 16 tahun silam, dapur cokelat ialah pionir toko cokelat di Indonesia.

Nah, semenjak dua tahun lalu, Dapur Cokelat sah menawarkan waralaba. Kini, Dapur Cokelat mempunyai 23 gerai yang 11 diantaranya gerai kepunyaan mitra. Dapur Cokelat berkantor pusat di Serpong, Tangerang dengan gerai yang tersebar di Jabodetabek, Surabaya, Pekanbaru dan Makassar.

Pratomo Yusuf, Direktur Dapur Cokelat mengatakan, Dapur Cokelat mematok ongkos waralaba Rp 1,5 miliar sampai Rp 2 miliar.  Dengan ongkos investasi sebesar itu, partner berhak menggunakan merek dagang sekitar 10 tahun.

Investasi tersebut pun sudah mencakup ongkos renovasi Rp 300 juta-Rp 600 juta yang cocok standar Dapur Cokelat. Mitra pun dilengkapi peralatan, termasuk perlengkapan promosi dan pelatihan karyawan.

Biar Gak Sumpek, Coba Deh Terapkan 4 Desain Dapur Terbuka Ini
Biar Gak Sumpek, Coba Deh Terapkan 4 Desain Dapur Terbuka Ini | Dapur Taman

Nilai investasi mula ini pun sudah tergolong franchise fee dan opening fee.  “Bagi calon partner yang tertarik dapat menanyakan rinci rincian ongkos ke kantor pusat,” kata Pratomo.

Untuk penyaluran bahan baku, pusat melulu akan mengirim bahan baku separuh jadi. Selnjuta partner usaha bermukim melanjutkan proses finishing yang kemudian dipasarkan di gerai masing-masing.

Pratomo mengatakan, masing-masing dua hari sekali dilaksanakan pengiriman produk dari pusat ke gerai. Dalam sebulan, mitra dapat mengeluarkan ongkos bahan baku berkisar Rp 200 juta-400 juta. “Tergantung penjualan outlet tersebut sendiri, ongkos tidak selalu tentu segitu,” kata Pratomo.

Dapur Cokelat mempunyai rentang harga yang luas. Harga terendah terdapat pada produk lollipop, yakni

Open Paid Promote di Instagram "Taman mungil samping dapur, Yay or
Open Paid Promote di Instagram “Taman mungil samping dapur, Yay or | Dapur Taman

Rp 8.250, sementara harga tertinggi ialah kue tart yang di atas Rp 1 juta. Berdasarkan keterangan dari Pratomo, harga jual gerai yang sedang di Jabodetabek sama semua. Sementara partner diluar Jabodetabek bebas memutuskan harga jual. Namun, tetap mesti mendapat persetujuan pusat.

Produk Dapur Coklat terdiri dari regular cake (kue tart), praline (cokelat), snack, personal cake, decoration cake dan tartlet.

Balik modal tiga tahun

Mengenai rata-rata omzet yang didapatkan setiap bulan, Pratomo tak mau menyebut angka. Namun, Pratomo memperkirakan, mitra dapat mendapatkan modalnya dalam 2,5 hingga 3 tahun. “Dengan kriteria kondisi perekonomian normal dan daya beli bagus,” ungkapnya. Laba bersih bisnis ini berkisar 15%-20%.

Taman Dalam Rumah Dekat Dapur Minimalis Buat Rumah Makin Sejuk
Taman Dalam Rumah Dekat Dapur Minimalis Buat Rumah Makin Sejuk | Dapur Taman

Tinggalkan Balasan