Gaya Contoh Ruang Tamu Minimalis Sederhana Kreatif

Diposting pada 351 views

RAK kitab yang seringkali mempunyai ukuran besar dan terkesan bulky dapat didesain menjadi suatu elemen estetika dalam pengaturan interior. Bentuk rak sekarang tidak lagi mesti masif dan teratur. Rak bahkan bisa dimanfaatkan sebagai pembatas ruangan.

Desain Ruang Tamu Minimalis Sederhana di 3  Desain, Desain
Desain Ruang Tamu Minimalis Sederhana di 3 Desain, Desain | Contoh Ruang Tamu Minimalis Sederhana
Ide Dekorasi Ruang Tamu Minimalis  Ruang keluarga kecil, Ide
Ide Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Ruang keluarga kecil, Ide | Contoh Ruang Tamu Minimalis Sederhana
Desain dan Model Ruang Tamu Minimalis Sederhana Ukuran 3x3
Desain dan Model Ruang Tamu Minimalis Sederhana Ukuran 3×3 | Contoh Ruang Tamu Minimalis Sederhana

Semakin tingginya harga tanah, tentu menciptakan lahan lokasi tinggal menjadi lebih terbatas sampai-sampai Anda juga harus benar-benar dapat menyiasatinya dengan mempunyai desain yang tepat. Dengan gaya minimalis, lokasi tinggal yang berukuran mungil dapat tetap nyaman dan tampak indah di anggap mata. Jika memang lahan yang terdapat untuk membina rumah kita tidaklah luas, maka janganlah berkecil hati.

Itu sebab rumah idaman ternyata bisa dibangun di atas lahan sempit. Lahan memang sering menjadi penghalang, tetapi dengan ilham dan kreativitas yang tinggi, Anda dapat membangun lokasi tinggal yang lumayan nyaman di lahan terbatas tersebut. Gaya yang disarankan untuk lokasi tinggal mungil ialah desain minimalis. Untuk hunian kecil dengan gaya minimalis, seringkali ruang tamu dan ruang family tidaklah dipisah.

Untuk mengawal privasi, pakai partisi atau pembatas yang tidak permanen, laksana rak kitab atau rak tinggi lainnya. Partisi semacam ini memang bakal memakan ruangan. Namun, sangat tidak rak bakal memiliki faedah lain daripada sekadar partisi. Karena tersebut dengan faedah ganda, kita tidak memerlukan terlalu tidak sedikit perabotan dan dapat mengawal ruangan menjadi tetap bergaya minimalis. Karena ruangan sempit dan kecil, Anda mesti paling berhati-hati dalam mendekorasinya.

Desain Ruang Tamu Minimalis Ukuran 3x3 Cocok Diterapkan, Apa Saja?
Desain Ruang Tamu Minimalis Ukuran 3×3 Cocok Diterapkan, Apa Saja? | Contoh Ruang Tamu Minimalis Sederhana

Contoh perabotan yang seharusnya tidak dipergunakan di ruangan sempit ialah meja dengan kaki melengkung dan sarat dekorasi. “Desain yang tepat ialah kuncinya. Fungsi bangunan pun akan lebih optimal,” kata Associates Architects Prada Tata Internasional (PTI) Architects Aditya Wirawan Fitrianto. Aditya menuturkan, lokasi tinggal di lahan terbatas pun dapat terkesan lapang berkat desain dan layout pendukung.

Salah satunya melewati penerapan fasad atau terlihat depan bangunan yang melebar. Hal ini dapat terjangkau dengan adanya garis horizontal yang memanjang dari sudut kanan sampai sudut kiri bangunan. “Usahakan perbanyak garis horizontal ketimbang vertikal,” ucapnya.

Garis horizontal dinilai dapat memberikan kesan melebar meskipun lokasi tinggal berada di lahan yang terbatas. Pemilihan warna bangunan pun mampu menyokong desain yang ada. Dengan memakai warna-warna yang ingin monokrom atau senada satu warna, maka bidang-bidang di bangunan bakal terkesan lebih lapang dan elegan. Bukaan atau jendela dan pintu juga dicoba mempunyai dimensi yang lumayan lebar.

Selain menyerahkan sirkulasi yang lebih baik, dimensi lebar pada bukaan pun dapat meningkatkan kesan lapang, tetapi tetap menyimak privasi penghuni rumah. Jika kita tidak inginkan susah-susah membina sendiri, lokasi tinggal mungil bergaya minimalis juga tidak sedikit ditawarkan pengembang. Di antaranya ISPI Group yang menerbitkan rumah ekuivalen Rp250 juta di area Mutiara Gading City, Bekasi.

Komisaris Utama ISPI Group, Preadi Ekarto mengatakan, lokasi tinggal dengan harga tercapai tersebut mempunyai bangunan seluas 25 meter persegi dan tanah 60 meter persegi. Kluster yang di bina dalam luasan 2,5 hektare tersebut setiap unitnya diciptakan dengan konsep serupa studio yang sekarang sedang ramai ditelusuri orang. “Kami hendak melaksanakan tanggung jawab kami untuk masyarakat dengan membina rumah murah. Oleh sebab itu, kami memasarkan rumah tipe ini dengan harga mula Rp250 juta,” ujarnya.

Meski harganya terjangkau, penghuni kluster Manhattan itu dimanjakan dengan sekian banyak fasilitas, laksana area komersial, perkantoran, restoran, taman bermain yang dilengkapi wahana air, serta akses transportasi yang mudah. “Kami unggulkan kemudahan yang terdapat di Mutiara Gading City. Jadi, orang beli lokasi tinggal di sini dapat sekaligus berniaga dan menikmati suasana liburan. Untungnya tidak banyak tidak masalah yang urgen ada penghuninya,” sebut Preadi.

PT Ciputra Residence pun tengah mengembangkan lokasi tinggal sederhana di area Maja, Lebak, Banten. Perumahan dengan nama Citra Maja Raya ini adalah proyek hasil garapan Ciputra Group dengan mitranya, Hanson Group. Presiden Direktur Ciputra Residence Budiarsa Sastrawinata mengemukakan, Citra Maja Raya bakal dibangun dalam sembilan etape pengembangan.

Tahap kesatu mencakup pengembangan 10.000 unit yang terdiri atas lokasi tinggal sederhana (RS) dan real estat (RE). Adapun unit lokasi tinggal sederhana, yaitu tipe 22/60, 27/72, dan 36/72. Adapun harga tipe lokasi tinggal ini dipatok Rp110 juta sampai Rp180 juta per unit. Rumah mungil ini mendapat sambutan yang hendak sekali dari masyarakat Banten. Pasalnya, jumlah unit yang sudah terjual sudah menjangkau 6.500 unit semenjak proyek dijual pada November tahun lalu sampai kuartal 1/2015.

“Kami memilih area Banten sebagai pengembangan kompleks skala simpel untuk menjaring penduduk Banten yang beberapa besar membutuhkan hunian tipe tersebut. Target prapenjualan sudah kami rumuskan, dan ternyata tidak meleset. Permintaan lokasi tinggal sederhana paling tinggi dikomparasikan rumah mewah atau hunian premium,” ujarnya. (Rendra Hanggara/Koran Sindo)

Tinggalkan Balasan