Desain Membuat Dapur Sederhana

Posted on

Sehari-harinya, dapur menjadi lokasi Anda meletakkan sekian banyak barang atau bahan yang diperlukan keluarga. Bahkan, tak jarang ruang dapur menjadi salah stau ruang berkumpul family karena dibulatkan dengan ruang makan.

How To Build A Traditional Kitchen Cooking Table (Step by step)
How To Build A Traditional Kitchen Cooking Table (Step by step) | Membuat Dapur
Membuat table top (meja dapur) bentuk L shape.
Membuat table top (meja dapur) bentuk L shape. | Membuat Dapur
MEMBUAT DAPUR SEDERHANA, SEHAT DAN BERSIH
MEMBUAT DAPUR SEDERHANA, SEHAT DAN BERSIH | Membuat Dapur

Maka dari itu, tak heran tidak sedikit orang hendak mengganti tatanan dapur jadi lebih canggih dan efisien. Lagi pula, bukankah ruang dapur yang bagus bias jadi nilai lebih dalam penawaran suatu rumah?

Untuk mewujudkan urusan itu, ada sejumlah tips yang dapat dilakukan, mulai dari pengaturan bagian dapur sampai memilih kabinet. 

Hal kesatu yang mesti dipahami ialah konsep golden triangle. Melansir dari Media Rabu (11/6/2014) konsep ini adalah segitiga tak tampak yang menghubungkan antara lemari es, kompor, dan tempat membubuhkan bahan-bahan atau wastafel. 

Golden triangle tak boleh dirintangi oleh perabotan apapun, baik lemari kabinet atau juga meja. Sebab, segitiga itu haruslah menjadi lokasi yang leluasa guna gerak Anda. 

Kemudian, pertimbangkan pula lebar lorong atau luas dapur, luas lemari atau lokasi penyimpanan, dan pencahayaan.

Denah Cara Membuat Dapur Unik in 3  Home, Trash can
Denah Cara Membuat Dapur Unik in 3 Home, Trash can | Membuat Dapur

Tipe dapur

Selanjutnya, format dapur laksana apa yang hendak Anda buat? Mengutip dari Media terdapat sejumlah tipe dapur yang dapat Anda terapkan, laksana tipe dapur galley, dapur U, dan dapur L.

Dapur galley menjadi dapur dengan gaya klasik di mana kedua unsur dapur terletak berhadapan sejajar. Tipe dapur ini mempunyai kedua sisi beda pada ujungnya yang tidak dipedulikan terbuka. 

Nah, pada model dapur galley interaksi dengan orang di luar dapur ingin terbatas, namun layout yang tersingkap di kedua sisi bisa membuka koneksi pada area beda di rumah. 

Kemudian, terdapat pula dapur U. Model dapur ini cocok untuk Anda yang suka memasak. 

Sebenarnya, ada pun model dapur G dan L. Tipe dapur G serupa dengan dapur U, melulu saja terdapat perpanjangan lokasi di di antara ujungnya, yang dapat dijadikan sebagai meja santap kecil yang memuat tiga orang.  

Lalu, tipe dapur L, yaitu format dapur yang seperi huruf L dan memojok. Model seerti ini terlihat paling terbuka dan memungkinkan adanya interaksi dengan orang di luar dapur. 

Sebab, saat masuk dapur, penampilan kabinet Anda ialah yang kesatu kali sangat terlihat. 

Di samping hal itu, petimbangkan pula bahan dan kualitas barang dan perangkat dalam dapur. Mengutip dari Media Selasa (24/2/2015) bahan lemari penyimpanan yang digantung dan berbobot | berbobot | berkualitas bagus ialah menggunakan kayu lapis dan kayu padat yang permukaannya dapat tahan air, serta kokoh dalam jangka panjang.

Ingat, kebutuhan kabinet di dapur ialah untuk menyimpan barang laksana piring dan gelas. Sedangkan lemari es, fungsinya ialah untuk menyimpan ragam makanan dan minuman. Karenanya, kualitasnya pun harus terjamin.

Baiknya, lemari es mempunyai tempat penyimpanan yang luas sampai-sampai Anda dapat lebih mudah mengejar dan menyimpan makanan. 

Hal yang perlu disalin untuk memilih lemari es, sesuaikan dengan luas ruang. Bila dapur kita berkonsep minimalis dan modern, tipe lemari es empat pintu laksana yang dipunyai Hitachi dapat melengkapi keperluan tersebut. 

Jadi, tunggu apa lagi, siap mengatur dapur Anda?

Leave a Reply