Desain Kamar Anak Perempuan Mewah Sederhana

Diposting pada 421 views

Masalah adanya sel-sel mewah LAPAS yang sudah dilangsungkan bertahun-tahun ini diakibatkan adanya korupsi.

4 Dekorasi Kamar Anak Perempuan Layaknya Putri Negeri Dongeng
4 Dekorasi Kamar Anak Perempuan Layaknya Putri Negeri Dongeng | Kamar Anak Perempuan Mewah
4+ Kamar Tidur Anak Perempuan Yg Mewah - Sisi Rumah Minimalis
4+ Kamar Tidur Anak Perempuan Yg Mewah – Sisi Rumah Minimalis | Kamar Anak Perempuan Mewah
4+ Desain Kamar Tidur Anak Perempuan Yang Mewah - Sisi Rumah
4+ Desain Kamar Tidur Anak Perempuan Yang Mewah – Sisi Rumah | Kamar Anak Perempuan Mewah

Adanya sel-sel mewah di lembaga pemasyarakatan (lapas) laksana di Cipinang, Jakarta salah satunya sebab kapasitas yang tidak lumayan untuk menampung narapidana yang terhukum di lokasi tersebut.

Supriyadi Widodo Edyono, direktur eksekutif Institute for Criminal Justice Reform (ICJR) mengatakan keperluan akan kehidupan yang lebih pantas membuat sebanyak napi yang kaya menunaikan oknum yang menawarkan kemudahan-kemudahan.

“Dalam situasi overcrowded dimana negara menitikkan perkiraan dan standar hidup yang layak untuk LAPAS, anak binaan dia akan memerlukan alternative resources. Ini mereka dapatkan dari keluarga. Misalnya ada family yang kaya, tentu akan menyetok makanan lebih tidak sedikit dan lebih enak. Maka tersingkap celah komoditifikasi,” kata Supriyadi dari Badan Reformasi Keadilan Kejahatan.

ICJR mengaku narapidana bisa memasukkan sekian banyak peralatan mewah dengan menunaikan puluhan juta Rupiah.

Ala Princess, 4 Inspirasi Desain Kamar Tidur Pink untuk Si Buah
Ala Princess, 4 Inspirasi Desain Kamar Tidur Pink untuk Si Buah | Kamar Anak Perempuan Mewah

ICJR mengaku Lapas Cipinang mengalami keunggulan kapasitas tiga kali lipat. Keadaan ini terjadi di nyaris semua lapas di Indonesia, kata Supriyadi.

Badan Narkotika Nasional (BNN) melafalkan temuan adanya ruang tahanan yang bertolak belakang dengan ruang tahanan lain, laksana mempunyai alat pendingin ruangan.

Salah satu orang yang pernah menjalani hukuman penjara di sel mewah ialah Arswendo Atmowiloto yang dibui di Lapas Cipinang dari tahun 1991-1993.

“Saya tergolong yang buat begitu juga. Yang punya AC, punya TV. Nggak mewah-mewah banget, namun ada. Karena tersebut kebutuhan jugalah. Di dalam itu, kepingin tersebut dan mereka, pihak lapas memberikan kemudahan ke arah itu.”

ICJR mengaku narapidana bisa memasukkan sekian banyak peralatan mewah dengan menunaikan puluhan juta rupiah untuk sejumlah pihak.

Sumber gambar, WIKIMEDIA COMMONS

Arswendo Atmowiloto mempunyai TV dan AC ketika dipenjara di Lapas Cipinang pada tahun 1991-1993.

Masalah sel mewah lapas yang sudah dilangsungkan bertahun-tahun ini diakibatkan korupsi yang terjadi di sekian banyak LAPAS di Indonesia, kata Supriyadi.

“Ini ada pun sikap koruptif yang mesti anda kritik. Intinya ialah Kementerian Hukum dan HAM kecolongan sebab ini tergolong lapas yang dekat dengan Jakarta. Bayangkan dengan di kondisi lapas-lapas yang terdapat di ujung-ujung, yang malah jauh dari pusat,” katanya.

Jadi apa yang perlu dilaksanakan untuk menanggulangi hal ini?

Supriyadi Widodo Edyono dari ICJR menuliskan pengawasan yang lebih ketat perlu dilaksanakan disamping inspeksi ke lapas secara acak.

“Pengawasan yang lebih ketat, lebih rutin terhadap lapas-lapas yang dimasukkan dalam list yang barangkali ada tidak sedikit pelanggaran. Pengawasannya pun in situ, mesti secara lebih acak, nggak melulu pada satu titik tetapi seluruh wilayah lapas yang bisa jadi besar terjadi pelanggaran-pelanggaran laksana ini,” kata Supriyadi.

Tinggalkan Balasan