Denah Pembatas Ruangan Unik Sederhana

  • Whatsapp

DENPASAR. Provinsi Bali menghasilkan devisa sebesar US$ 4,88 juta dari ekspor barang-barang perabot dan penerangan lokasi tinggal selama Juni 2016. Nilai itu meningkat 40,80% dikomparasikan bulan sebelumnya yang terdaftar US$ 3,47 juta.

3 Ide Pembatas Ruangan untuk Hunian Mungil dan Tetap Nyaman
3 Ide Pembatas Ruangan untuk Hunian Mungil dan Tetap Nyaman | Pembatas Ruangan Unik

“Perolehan devisa pun naik 36,17% dikomparasikan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya, sebab pada Juni 2015 melulu mengantongi US$ 3,59 juta,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali Adi Nugroho di Denpasar, Sabtu (20/8).

Ia mengatakan, ekspor perabot dan penerangan rumah tersebut mampu berkontribusi sebesar 10,18% terhadap total ekspor Bali yang menjangkau US$ 48,05 juta sekitar Juni 2016. Kontribusi tersebut meningkat 15,34% dari bulan sebelumnya yaitu melulu US$ 41,66 juta.

3 Ide Kreatif Pembatas Ruangan untuk Rumah Mungil. Satu Ruangan
3 Ide Kreatif Pembatas Ruangan untuk Rumah Mungil. Satu Ruangan | Pembatas Ruangan Unik

Perabot dan penerangan lokasi tinggal tangga yang diekspor ke pasaran luar negeri tersebut berbahan baku bambu dihiasi dengan anyaman rotan, sehingga paling unik dan antik laksana kursi, lemari, meja, lokasi tidur dan pembatas ruangan.

Selain tersebut juga terdapat berupa patung menarik dan antik dari bahan baku akar bambu yang tidak sedikit diminati pasaran luar negeri, khususnya konsumen asal Perancis, Jerman, Belanda di samping pembeli dari Amerika Serikat, Jepang maupun asal Australia.

3 Desain Sekat Ruangan Kreatif yang Nggak Menguras Kantong
3 Desain Sekat Ruangan Kreatif yang Nggak Menguras Kantong | Pembatas Ruangan Unik

Adi Nugroho menambahkan, patung dari akar bambu tidak sedikit diproduksi oleh perajin dan seniman dari Kabupaten Bangli dan Gianyar berupa binatang, bebek, topeng dan patung. Akar bambu seringkali tumbuh berumpun, dan perajin yang kreatif dapat menciptakan akar itu menjadi patung wayang atau hewan yang paling disenangi masyarakat konsumen di luar negeri.

Menurutnya, perabot dan penerangan lokasi tinggal hasil sentuhan tangan-tangan terampil perajin Bali tersebut paling tidak sedikit diserap pasaran AS yang menjangkau 23,24%. Lalu, Australia 7,65%, Jepang 6,41% dan Singapura 1,74%.

3 Sekat Ruangan Kreatif untuk Rumah Minimalis
3 Sekat Ruangan Kreatif untuk Rumah Minimalis | Pembatas Ruangan Unik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *