Denah Contoh Tempat Tidur Kayu Sederhana

  • Whatsapp

Kebiasaan istirahat tanpa kasur kapas ini bukan karena hal ekonomi, tetapi tradisi. Mereka percaya andai seorang penduduk Dusun Kasuran istirahat beralaskan kasur maka bakal terjadi musibah.

4 Desain Tempat Tidur Kayu, Si Kokoh yang Elegan
4 Desain Tempat Tidur Kayu, Si Kokoh yang Elegan | Contoh Tempat Tidur Kayu
Pin di Tempat Tidur
Pin di Tempat Tidur | Contoh Tempat Tidur Kayu
Tempat Tidur Minimalis
Tempat Tidur Minimalis | Contoh Tempat Tidur Kayu

Bacaan Lainnya

“Ya, penduduk di sini masing-masing hari istirahat tidak menggunakan alas kasur. Memang pantangan memakai kasur kapas,” jelas Wartilah (53), kepala Dukuh Kasuran Kulon, Desa Margodadi, saat didatangi di rumahnya, Senin (12/1/2015).

Diakuinya, larangan ini tidak masuk di akal, tetapi faktanya tidak jarang terjadi musibah andai pantangan tersebut dilanggar. Berdasarkan keterangan dari Wartilah, sebuah hari seorang penduduk pernah melanggar pantangan tersebut dengan nekat istirahat pakai kasur kapas. Akibatnya, warga itu langsung sakit.

4 Model Ranjang Tempat Tidur Minimalis Modern Dari Kayu Jati Terlaris
4 Model Ranjang Tempat Tidur Minimalis Modern Dari Kayu Jati Terlaris | Contoh Tempat Tidur Kayu

“Kebiasaan ini sudah semenjak nenek moyang dan memang kejadian. Dulu terdapat yang menggunakan kasur kapas, langsung sakit. Ada pun anak-anak yang demam dan teriak-teriak laksana kesurupan,” ujarnya.

Wartilah menyatakan ia sendiri tidak percaya dengan mitos tersebut, namun sebab sejak kecil dinasihati oleh orangtuanya supaya jangan istirahat beralaskan kasur kapas, ia pun darurat menurutinya.

Kepada Media Wartilah pun mengindikasikan tempat istirahat yang masing-masing hari dipakainya. Di dalam kamar berukuran 3 X 3 meter tersebut tampak berdiri ranjang besi berpapan kayu yang menurut keterangan dari ibu tiga orang anak ini, melulu dilapisi tikar ataupun karpet ketika dipakai untuk tidur.

“Akhirnya hingga sekarang, masa-masa di lokasi tinggal sakit kan gunakan kasur, badan saya justeru sakit. Mungkin telah kebiasaan,” tutur wanita yang sudah semenjak tahun 1977 bermukim di Dusun Kasuran ini.

Berdasarkan keterangan dari Wartilah, larangan menggunakan kasur untuk istirahat itu melulu berlaku guna jenis kapas. Sementara, kasur dari busa rupanya diperolehkan dan tidak akan mengakibatkan musibah. Oleh sebab itu, kini, sebagian penduduk ada yang memakai kasur busa guna tidur. 

“Kalau kini ada yang masih beralaskan tikar, terdapat yang sudah melakukan pembelian kasur busa. Pokoknya bukan kasur kapas,” tandasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *