Cara Daftar Google News Menggunakan WordPress Dengan Mudah

Diposting pada 218 views

Cara Daftar Google News Menggunakan WordPress Dengan Mudah – Daftar google news/ google berita tidak diharuskan menggunakan web berita menurut saya, kamu bisa mendaftarkan weblog kamu apapun jenis nice yang ada misalkan saya mendaftarkan website adseneca ini dengan nice konten acak/ campuran, toh web ini tetap diterima dan sudah tayang di google berita selama lebih  dari 1 tahun.

Menggunakan wordpress untuk daftar di google news adalah langkah yang sangat mudah ya, karena kamu cukup mempunyai sebuah website dan update konten setiap hari nya agar weblog kamu terlihat aktiv dan bisa masuk ke beberapa kategori yang ada di google news.

Cara Daftar Google News Untuk WordPress

1. Pertama kalian Masuk ke halaman https://publishercenter.google.com/publications

Silahkan masuk ke halaman link dia atas atau kamu bisa ketikan publisher center google di pencarian google. kemudian akan di arahkan ke bagian halaman utama google news.

2. Add Publication Google News

Pilih add publication kemudian isi Nama Publikasi, Url publikasi dan lokasi publikasi lalu kamu klik add publikasi.

3. Perhatikan Pengisian Form Publikasi

  • Untuk Basic Infromation: Isi dengan nama publikasi atau nama blog.
  • Description: Isi dengan deskripsi blog
  • Kategori Blog: Pilihlah salah satu kategori blog yang sesuai
  • Primary Language: Pilih bahasa indonesia saja jika konten blog kalian bahasa indonesia. Kecuali jika blog kamu menggunakan bahasa lain.

Di bagian Website Property URL:  Masukan URL Situs kalian, saya menggunakan website saya yaitu https://www.adseneca.com. Cukup masukan adseneca.com tanpa url awalan. Lalu kemudian kalian klik verify in search console disebelah kanannya.

Saya menyarankan agar kalian menggunakan gmail yang berhubungan dengan GSC ( Google search console ) agar lebih gampang verifikasi nya dengan google news.

Location: Pilih lokasi anda Indonesia

Contact: Silahkan masukan gmail anda yang aktiv dan berhubungan dengan google news dan GSC

Distribution: Silahkan ganti ke negara Indonesia atau biarkan secara default

Tracking: Masukkan kode pelacakan google analytic Anda.

Setelah semua terisi dengan benar silahkan klik save yang ada dipojok kanan atas, kemudian klik Next untuk lanjut ke bagian berikutnya.

4. Pengisian Konten Google News

Pada Klik New Section > pilih feed kemudian isikan judul feed, dan masukkan URL feed blog wordpress Anda (https://www.namadomain.com/feed/). Selanjutnya View Acces pilih Anyone, Feed Option pilih generate articles directly from feed and crawl jika Weblog kamu menggunakan versi AMP dan bagian Duplicate image removal centang pilihan Allow removal of duplicate images based on URL. Kurang lebih penampakan akhirnya seperti ini.

Ubah juga pengaturan feed blog menjadi full, agar gambar bisa muncul di halaman google news.

  • Content Labels: Klik Add dan pilih Blog
  • Verify URL ownership: Klik New content source, masukkan url domain dan klik Add.
  • Klik save lagi dipojok kanan atas, kemudian klik Next untuk berpindah ke bagian selanjutnya.

5. Bagian Gambar/ Logo Google News

  • Gambar Square logo: Upload logo persegi dengan ukuran paling tinggi 1000x1000px.
  • Wide logo Png (recommended): Silahkan Upload logo persegi panjang untuk versi tema gelap dan terang. Ukuran yang disarankan lebarnya 400px atau minimum 200x20px.
  • Klik save dipojok kanan atas lagi dan klik Next untuk lanjut.
  • 6. Bagian Ads (iklan)
    Untuk bagian Earnings Pilih akun google adsense Anda
  • Google-managed ads: Silahkan biarkan default. Jika ingin google mengatur semua iklan yang tampil maka ubah angkanya menjadi 100. Namun jika ingin mengatur inventaris iklan sendiri silahkan centang pada bagian Fill remaining inventory with ads managed by your publication.
  • Jangan lupa klik Save dan klik Next.
  • Bagian Advanced biarkan default
  • Bagian review and publish
  • Bagian ini untuk melihat preview konten dan pemberitahuan jika pendaftaran yang kita isi masih mengalami masalah. Jika Anda melihat notifkasi masalah muncul pada bagian ini silahkan klik Review untuk tahu dimana letak masalahnya.

Ini adalah contoh formulir yang sudah benar pengisiannya, preview artikel akan tampil seperti gambar di bawah ini.

Jika tidak muncul lagi masalah seperti di atas, silahkan klik Publish.

Sambil menunggu diterima, silahkan melakukan update konten. Biasanya google news akan memberikan respon selama 3 hari masa kerja.

Jika tidak ada email pemberitahuan masuk silahkan cek melalui halaman publisher center langsung. Jika ada keterangan Live atau tayang, berarti pendaftarannya sudah berhasil.

Nah itu saja mungkin Cara Daftar Google News untuk WordPress , cukup mudah bukan ? tunggu apa lagi segera daftarkan website/ blog wordpress kamu dengan google news. Banyak keuntungan yang akan di dapat ketika weblog kita daftarkan ke google berita ini. selamat mencoba.