Begini Cara Mudah Membersihkan Cache Laptop Anda

Begini Cara Mudah Membersihkan Cache Laptop Anda

Diposting pada 23 views

Begini Cara Mudah Membersihkan Cache Laptop Anda– Semakin berkembangnya teknologi membuat beragam perangkat elektronik jadi semakin meningkat. Laptop yang dulu pernah menjadi alat mesin ketik kini berkembang menjadi perangkat yang memiliki banyak fungsi sekaligus.

Begini Cara Mudah Membersihkan Cache

Produsen laptop pun terus berlomba-lomba menghadirkan berbagai inovasi. Dari desainnya yang semakin cantik dan ringkas, hingga nyalinya yang mumpuni. Selain dapat digunakan untuk menulis berbagai dokumen, laptop juga dilengkapi dengan kemampuan lain yang dapat menunjang hobi atau pekerjaan seseorang.

Dari mengedit foto dan video, membuat desain, hingga mencari hiburan. Lalu apa manfaat laptop selain komputer cadangan? Berikut ulasannya. Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas cara Membersihkan Cache Laptop dengan cara yang mudah dan anti lemot.

Cara Menghapus Cache Laptop

Langkah-langkah harus dilakukan agar kinerja laptop tidak menurun. Cache adalah data sementara dari aplikasi yang disimpan di memori komputer. Setiap aplikasi yang diinstal pada laptop harus memiliki file cache dan durasi ruang penyimpanannya sendiri.

Semakin banyak aplikasi berjalan, semakin besar ukuran file cache. Saat file cache menumpuk, kapasitas memori laptop Anda akan semakin terkuras. Efek lainnya adalah laptop akan lemot saat dihidupkan.

Cara Menghapus Cache Laptop

Membersihkan cache laptop Anda harus dilakukan secara teratur. Hal ini disebabkan hal-hal yang dapat mengganggu kinerja laptop. Aktivitas juga akan dinonaktifkan. Yuk simak berikut ini cara clear cache laptop untuk mengatasinya.

Menggunakan Pembersihan Disk

Buka menu Windows atau ketik “Disk cleanup” langsung ke kolom pencarian, lalu klik “Open.” Setelah terbuka, pilih menu “Drive C”, lalu klik OK. Tunggu beberapa saat dan sistem akan secara otomatis menghitung data yang tersimpan di laptop.

Gulir ke bawah dan pilih File Sementara. Selanjutnya pilih tanda centang pada kolom “Temporary files”, lalu klik OK. Teman Djava juga dapat memilih opsi file lain untuk dibersihkan. Cara pertama untuk membersihkan cache laptop juga sudah selesai.

Hapus Cache Browser

Aplikasi yang paling sering digunakan oleh pengguna utama laptop adalah browser. Tidak heran aplikasi browser dapat membuat kita melakukan apa saja menggunakan internet. Aplikasi browser yang sering digunakan antara lain Google Chrome, Mozilla Firefox, Edge, dll.

Cara menghapus cache laptop di aplikasi Google Chrome sangat mudah. Langkah pertama, buka Google Chrome lalu ketuk menu tiga titik di pojok atas layar. Jika muncul, gulir ke bawah dan pilih opsi “Riwayat”. Setelah itu, klik opsi “Hapus data penelusuran” dan terakhir klik “Hapus data” untuk menghapus cache.

Menggunakan Suhu Folder

Cara membersihkan cache laptop Bisa juga digunakan folder temp yang merupakan tempat pengumpulan file cache atau temporary file. Tidak hanya itu, folder temo juga menyimpan file browser seperti history, cookies, dan data lainnya. Untuk membersihkannya, buka RUN dengan menekan tombol Windows dan huruf R. Kemudian ketik “Temp” dan klik OK

Setelah muncul jendela baru yang menampilkan banyak file, klik Ctrl+A kemudian klik “Delete” untuk menghapus seluruh file cache tersebut. Cara lainnya yakni kembalilah buka program RUN tadi, lalu ketik “%temp%” dan klik “Ok”. Klik Ctrl+A dan hapus seluruh isi folder “%temp%” tersebut. Selanjutnya, restart laptopmu.

Demikian penjelasan dari saya tentang Begini Cara Mudah Membersihkan Cache Laptop Anda semoga bermanfaat, terimakasih.

Tinggalkan Balasan