5 Cara Mengatasi Hp Lemot Saat Main Game

5 Cara Mengatasi Hp Lemot Saat Main Game

Diposting pada 19 views

5 Cara Mengatasi Hp Lemot Saat Main Game – Beberapa dari Anda pasti sangat stres jika ponsel Anda lemot saat bermain game. Saat ini sudah banyak ponsel yang dibekali dengan prosesor octa-core dan RAM besar.

Namun hal itu tidak bisa dijadikan sebagai tolak ukur bagus atau tidaknya performa ponsel untuk gaming. Bisa jadi meskipun RAM-nya besar, tetap saja lemot saat diajak bermain game. Sebenarnya ada banyak faktor penyebab hp lemot. Berikut cara Mengatasi Hp Lemot saat bermain game.

Cara Mengatasi Hp Lemot Saat Main Game

Kebanyakan Aplikasi Bikin Hp Lemot

Terlalu banyak aplikasi yang diinstal akan memakan memori ROM dan RAM. Hal ini tentu saja membuat ponsel Anda menjadi lebih Lemot saat bermain game. Beberapa aplikasi sudah dirancang untuk terus berjalan di latar belakang. Nah, aplikasi yang berjalan di latar belakang ini bisa saja memakan banyak ruang di RAM. Jika ponsel Anda memiliki RAM dan ROM yang terbatas, ada baiknya Anda meng-uninstall beberapa aplikasi yang kurang penting.

Cara mengatasi hp lemot yang paling penting yaitu dengan meng-uninstall beberapa aplikasi yang tidak perlu. Jika Anda hanya memainkan satu atau dua game, lebih baik menginstal dua game itu saja. Jangan sampai install aplikasi lain yang kurang penting seperti game booster, cache cleaner, antivirus, dan juga lain sebagainya.

Jangan Gunakan Lebih Dari Satu Aplikasi

Untuk kamu yang memiliki HP dengan spesifikasi pas-pasan, sebaiknya jangan menggunakan lebih dari satu aplikasi saat bermain game. Cara paling ampuh mengatasi hp lemot yaitu dengan menggunakan satu aplikasi saja.

Dalam keadaan default, memori RAM akan dikonsumsi oleh aplikasi game dan juga aplikasi lain yang berjalan di latar belakang. Menambahkan satu aplikasi lagi untuk dijalankan di background membuat kapasitas RAM Anda semakin habis.  Selain itu, sinyal internet akan dibagi menjadi 3, yaitu untuk sinkronisasi ponsel, game, dan streaming konten. Hal ini juga membuat koneksi internet menjadi tidak stabil dan membuat ponsel menjadi Lemot.

Gunakan Penyedia Internet Yang Cepat Dan Stabil

Koneksi internet yang tidak stabil dan Lemot membuat kinerja ponsel gaming terasa Lemot. Saat bermain game, terutama yang sedang online, aplikasi akan terus berkomunikasi dengan server untuk sinkronisasi. Jika proses sinkronisasi terhambat, Anda akan merasakan jeda atau lag saat memainkan game. Waktu ping yang sangat lama juga mempengaruhi kinerja sebuah ponsel gaming. Untuk itu, lebih baik memilih penyedia internet yang terbukti cepat dan stabil.

Matikan Mode Hemat Daya

Mode hemat daya akan mematikan beberapa aplikasi yang kurang penting yang berjalan di latar belakang. Mode ini biasanya ada di aplikasi Game booster atau pembersih cache di hp. Beberapa produsen ponsel juga menyematkan fitur penghemat daya otomatis. Jika mode hemat daya dinonaktifkan, ponsel akan menggunakan semua sumber daya yang tersedia untuk bermain game.

Nah ini yang bikin hp kamu gak lemot. Namun sebaliknya, jika mode hemat daya diaktifkan, kemampuan bermain game akan sedikit berkurang. Konsekuensi dari menonaktifkan mode hemat daya ini adalah baterai cepat habis. Oleh karena itu, sebelum membeli ponsel, lebih baik membeli ponsel dengan baterai besar.

Mengatasi Hp Lemot Dengan Menginstall Aplikasi Lite

Aplikasi Lite adalah aplikasi yang ukurannya lebih kecil dan performanya lebih ringan dari aplikasi versi aslinya. Saat ini sudah ada beberapa game besar yang sudah merilis aplikasi versi Lite agar bisa dimainkan di hp dengan spek kentang.

Banyak  game versi Lite yang cukup populer adalah Cyber ​​Hunter Lite dan juga PUBG Lite. Keuntungan menginstal aplikasi versi Lite adalah lebih ringan dan tidak memakan banyak memori saat dipasang di ponsel. Buat kamu yang suka main game di hp, cara mengatasi hp lemot ini cukup ampuh lho.

Demikian ulasan tentang, 5 Cara Mengatasi Hp Lemot Saat Main Game. Semoga bermanfaat.